5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Berita tentang korupsi seringkali sudah terdengar di telinga kita orang indonesia. Korupsi membuat rakyak kecil semakin menderita karna uang yang mereka ambil sebenarnya adalah uang negara untuk rakyat. Tapi bagaimana kah dengan negara lain, apa mereka juga sudah geram dengan adanya korupsi di negara mereka.

Dari survey Lembaga Anti korupsi dunia Transparency.org ternyata masih banyak negara-negara lain di dunia yang tingkat korupsinya melebihi indonesia bahkan jauh di atasnya. Tercatat ada 5 negara yang dinyatakan negara Terkorup di dunia :

1. Somalia

5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Somalia merupakan negara paling korup nomor 1 di dunia dari 174 negara dunia yang tercatat. Somalia bahkan memperbolehkan warga negaranya untuk berjualan senjata secara bebas dengan alasan terorisme dan perang yang selalu mengancam warga negaranya.

Kemiskinan di negara Somalia hampir melanda keseluruhan warga negara tersebut ditambah lagi dengan korupsi besar-besaran yang terjadi di pemerintahannya. 

Para pejabat Somalia selama ini punya cara busuk untuk memperkaya diri mereka di tengah penderitaan rakyatnya. Mereka membuat pos pengungsian palsu untuk mendapat bantuan kemanusiaan dari negara-negara lalu bantuan tersebut mereka jual ke pasar gelap.


2. Korea Utara

5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Negara yang sangat terkenal dengan pemerintahan otoriter dan ketertutupannya dan ketertutupannya dengan negara lain membuat negara yang satu ini memiliki tingkat korupsi yang sangat tinggi di dunia. 

Pemerintahannya di kuasai secara adidaya oleh Kim Jong Un yang mana merupakan anak dari Kim Jong Il. Korea Utara juga dikenal sebagai negara komunis dengan hanya 1 orang orang pemimpin yang berkuasa di negara tersebut seperti diktator.

Sekarang korea utara menganut ideologi juche, yakni mereka harus bisa mandiri dalam hal politik, militer, dan ekonomi tanpa tergantung ke negara lain.

Inilah sebabnya mengapa negara ini sangat tertutup. Banyak warna negara yang di pimpin oleh Kim Jong Un itu pindah ke Korea selatan atau negara lain karena sudah tidak tahan lagi tinggal di korea utara.


3. Sudan

5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Setelah berpuluh-puluh tahun Sudan menghadapi perang saudara, kerusuhan, dan pertarungan di industri minyak mereka menghadapi musuh baru di negaranya yaitu korupsi.

Situasi ini diperparah lagi oleh pemerintah yang nyaris tidak menyimpan catatan transaksi dan kurangnya transparan publik.

Negara yang memiliki kekayaan minyak bumi ini ini seharusnya mampu dapat tumbuh dan berkembang menjadi negara besar, tapi di karenakan rapuhnya sistem pemerintahan, korupsi merajalela dalam berbagai bentuk. 

Lemahnya keterbukaan dalam hal pengelolaan minyak membuat Sudan terus dalam kondisi politik yang tidak stabil.

Terlabih lagi setelah terbentuknya negara Sudan Selatan menjadi negara sendiri pada Juli 2011 membuat tantangan ekonomi dan politik bagi Sudan semakin berat.


4. Afganistan

5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Penyuapan sudah menjadi hal yang sangat umum di negara Afganistan. Itu jugalah yang menyebabkan seringnya terjadi konflik antar penguasa seperti Taliban dan Al-Qaeda.

 Walaupun negara ini terkenal memiliki sumber kekayaan alam seperti gas dan minyak, sebagian besar warga memiliki mata pencaharian sebagai petani perkebunan dengan tingkat kemiskinan hingga 35%.

Negara Afghanistan mengalami perbaikan dari tahun 2012-2014, setelah terjadinya konflik panjang dan perang besar-besaran dinegara tersebut. Dengan banyaknya kasus penyuapan, membuat masyarakat makin kurang percaya terhadap pemerintah negara tersebut.


5. Irak

5 Besar Negara Paling Korup di Dunia

Negara ini memiliki tingkat korupsi tinggi dan sifat penguasa diktator yang hampir sama seperti Korea Utara. Bahkan dalam masa kejayaan Pemerintahan Saddam Husein, korupsi merajalela secara bebas di negara ini. 

Siapapun yang berusaha untuk melawan pemerintahannya akan ditangkap dan bahkan dibunuh. Mengejutkannya lagi, salah satu penggunaan uang hasil korupsi itu diberikan sebagai dana kelompok terroris. Kekacauan ini ditambah dengan terrorisme dari ISIS yang berada di negara ini akhir-akhir ini.