7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Indonesia sebagai negara maritim, memiliki tanah yang subur sehingga banyak pohon-pohon hijau hidup subur di negara kita. Tapi disisi lain beberapa pohon mempunyai bentuk yang unik yang mungkin kita belum pernah lihat sebelumnya. Inilah 8 pohon dengan bentuk terunik di indonesia.

1. Pohon Bunut Bolong

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Bunut Bolong adalah pohon unik yang memiliki lubang pada batangnya dan terletak tepat pada jalan di Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Namun pohon ini dipercaya memiliki aura magis menurut warga sekitar pohon ini hidup.

Mitos yang di percaya oleh masyarakat sekitar ialah pantangan bagi calon pengantin agar tidak melewati jalan Bunut Bolong karena mereka meyakini pernikahan akan batal dilakukan.

Bahkan, membawa jenazah, mobil jenazah serta prosesinya juga tidak boleh lewat sini, maka dari itu warga membuat jalan alternatif di samping jalan ini.


2. Pohon Jembatan Akar

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon ini sangat unik karena akar dari 2 buah pohon disisi sungai dibuat sedemikian rupa hingga membentuk suatu jembatan penghubung sungai :-o

Jembatan ini memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dengan ketinggian dari permukaan sungai sekitar 10 meter, mulai dibentuk pada tahun 1890 dan baru dapat digunakan pada tahun 1916.

Jembatan ini merupakan Jembatan alami yang terus hidup dan tumbuh. Jembatan akar terletak di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.


3. Pohon Pintu Gerbang

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon ini terbentuk oleh akar 2 buah pohon yang membentuk menyerupai pintu gerbang raksasa, orang-orang banyak diantaranya menyebut pohon ini dengan sebutan pintu gerbang.

Pohon ini terletak di hutan kaki Gunung Slamet, pohon ini dijadikan para pendaki sebagai tempat favorit mereka berkunjung sebelum mereka melanjutkan perjalanan mendaki Gunung Slamet.


4. Pohon Ujung Tebing

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon ini tumbuh sendirian dipuncak tebing dengan pemandangan yang sangat indah. Tebing ini dikenal dengan nama Tabiang Takuruang. Sudah banyak wisatawan datang kesini karena keindahan serta keunikan yang ada pada tebing ini.

Eksotisme Tabiang Takuruang sejak dahulu selalu menjadi wadah para pecinta seni. Objek Tabiang Takuruang sering dijadikan objek lukisan yang indah, Tabiang Takuruang berada di Ngarai Sianok, Sumatera Barat.


5. Pohon Batu Berdaun

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon ini terlihat seperti batu yang berdaun, tapi sebenarnya ini merupakan sebuah batu besar yang tengahnya ditumbungi pohon. Akarnya terletak ditengah-tengah batu yang luar biasa kerasnya :wow:

Entah sudah berapa tahun usia pohon diatas batu tersebut, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut merupakan pohon leban pantai, namun sekarang pohon cemara pun ikut hidup di atas batu tersebut (keren). Pohon ini berada di pantai batu berdaun singkep, Kepulauan Riau.


6. Pohon Lanang Wadon

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon Lanang Wadon ini diberi nama sesuai dengan bentuknya :D, karena bentuknya yang menyerupai alat kelamin laki-laki dan perempuan. Lanang bererti laki-laki, Wadon berarti perempuan dalam bahasa jawa.

Bagian bawah pohon berbentuk lobang yang menyerupai bentuk alat kelamin perempuan ?
Sedangkan bagian tengah pohon terbentuk sebuah batang yang mengarah ke lobang bagian bawah pohon yang menyerupai kelamin laki-laki.

Pohon ini terdapat di hutan Sangeh, Kabupaten Badung, Bali.


7. Pohon Atap Rumah

7 Pohon Dengan Bentuk Aneh dan Unik Yang Ada di Indonesia

Pohon ini hidup di sebuah atap rumah di daerah adat Toraja (Tangkonan). Pohon diatap rumah ini sengaja dibiarkan tumbuh sehingga terlihat begitu unik, pohon ini berjenis pohon beringin :D

Uniknya akar pohon ini tidak ada yang sampai ke tanah semuanya berada diatap rumah, akarnya merambat disegala sisi atap rumah. Pohon unik ini ada di dusun Pao, Lembang Nanggala, Toraja Utara.