7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang tanahnya subur, dikarunia begitu banyak sungai yang membentang hampir di semua pulau. Indonesia yang merupakan Negara Kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki lebih dari seratus sungai baik yang berukuran kecil maupun besar.

Inilah 7 sungai paling panjang di indonesia, 3 terletak di Kalimantan, 2 di Sumatera, 1 di Papua, dan 1 di Jawa.


1. Sungai Kapuas

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Kapuas terletak di Pulau Kalimantan atau tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang sekitar 1.143 km.

Hulu Sungai Kapuas berasal dari Pegunungan Muller melintasi dan membelah kota Pontianak dan bermuara di Selat Karimata, Laut Cina Selatan.

Sungai ini juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai, yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini.


2. Sungai Mahakam

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang kedua di Indonesia. Sungai dengan panjang 920 kmini masih terletak di pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur. 

Hulu sungai Mahakan  berasal dari gunung Cemaru sedangkan Hilir sungai Mahakam menuju ke selat Makassar. Sungai ini juga menjadi habitat salah satu ikan mamalia air tawar paling langka yakni Pesut Mahakam. Pada aliran sungai ini juga terdapat Danau Cascade Mahakam.


3. Sungai Barito

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Barito merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia. Sungai Barito memiliki panjang 900 km. Sungai ini masih juga terletak di Pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Hulu Sungai Barito Berasal dari Pegunungan Muller dan bermuara ke perairan Laut jawa. Sungai ini juga dikenal dengan sebutan Sungai Dusun, Sungai Banjar Besar, atau Sungai Banjarmasin, sering disebut juga sebagai Sungai Banjar dan Sungai China.

Satu hal yang unik dari sungai ini adalah kegiatan pasar terapung masyarakat. Jadi transaksi antara penjual dan pembeli terjadi di atas perahu-perahu kecil. Diatasnya juga membentang jembatan Barito.


4. Sungai Batang Hari

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Batang Hari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dan keempat di indonesia. Dengan panjang mencapai 800 km, sungai Batanghari berhulu di Pegunungan Bukit Barisan dan bermuara di Selat Berhala, Jambi. Sungai Batanghari melintasi provinsi Sumatera Barat dan Jambi. 


5. Sungai Musi

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Musi sering disebut juga sungai Batanghari Sembilan (sembilan sungai besar). Panjang sungai Musi mencapai 750 km yang membelah provinsi Sumatera Selatan dari timur ke barat termasuk membelah kota Palembang. 

Bagian hulu Sungai Musi ini berada di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu dan bermuara di Laut Bangka. Tepat diatasnya juga membentang jembatan ampera dengan panjang sekitar 1km.


6. Sungai Mamberamo

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua, dengan total panjang sekitar 670 km. Sungai ini ada di Kabupaten Sarmi di sebelah selatan Pegunungan Foja. 

Sungai ini punya potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonesia dengan bio etanol yg melimpah ruah. Kondisi geografinya juga sarat akan bahan galian seperti emas, tembaga, bauksit dan nikel dan di sepanjang sungai ini juga hidu beberapa suku terasing. 

Sehingga sungai ini disebut-sebut sebagai AMAZON-nya Indonesia.


7. Sungai Bengawan Solo

7 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa, Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri Jawa tengah dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). 

Adapun daerah yang dilewati sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.

Sebagai warga negara Indonesia sudah selayaknya kita bangga dengan kekayaan alam kita, salah satunya ialah dikaruniai ratusan sungai-sungai yang mengalir di seluruh penjuru Indonesia.