6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Sebuah mas kawin digunakan sebagai simbol seseorang laki-laki mengikat pasangan perempuannya dalam sebuah pernikahan. Mas kawin ini setelahnya merupakan hak bagi mempelai pria atau wanita, sesuai dengan tradisi di suatu tempat.

" Hak ini tidak bisa siapa pun mengambil atau memilikinya kecuali pihak yang diberi mengizinkannya. "

Di berbagai keyakinan agama semua ada mahar atau mas kawin yang harus dilengkapi. Banyak cerita mengenai mas kawin ini bahkan di beberapa negara mempunyai tradisi yang aneh seputar mas kawin. Berikut ini merupakan mas kawin paling aneh dan unik dari seluruh dunia.


1. Mas Kawin Uang Triliunan

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Seorang pengusaha asal Hongkong Cecil Chao menawarkan mas kawin sekitar Rp.1,4 triliun bagi lelaki berhasil membuat putrinya Gigi Chao terpesona dan mau menikahinya. Tentu ini bukan perkara mudah, lantaran putri sang pengusaha tersebut merupakan seorang lesbian.

Sebanyak 20 ribu lelaki kemudian mengajukan lamaran, namun tak satu pun berhasil menaklukkan hati Gigi. Tapi dia berusaha menghargai usaha ayahnya dan berusaha membuka hati namun ternyata Gigi tidak bisa.

Cecil sangat  menginginkan anaknya mempunyai pernikahan normal dengan pria dan kemudian memiliki keturunan. Namun pada akhirnya Cecil menerima keputusan putrinya yang tetap ingin menjadi lesbian. Gigi kemudian menikahi pacar lesbiannya dan mengubur mimpi sang ayah.


2. Mas Kawin Harus IPhone 6

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Di Arab Saudi beberapa waktu lalu peristiwa soal mahar bikin sejagat mengernyitkan alis. Seorang lelaki meminta mas kawin berupa ponsel terbaru keluaran Apple, iPhone 6. Pria itu meminta syarat mas kawin bagi adik perempuannya hendak menikah. 

Jika mahar ini tidak diberikan tak akan ada pernikahan. Padahal dalam Islam seharusnya mas kawin tidak boleh memberatkan sebab menikah merupakan ibadah. Untungnya calon mempelai pria bisa memenuhi syarat ini dan perkawinan bisa berlangsung.


3. Mas Kawin Hewan 40 Kambing dan 20 Sapi

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Seorang jurnalis asal Kenya bernama Godwin Chepkurgor menawarkan mas kawin berupa 40 kambing dan 20 sapi kepada mantan menteri dalam negeri Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton. Tujuannya agar dia bisa kawin dengan anak Hillary, bernama Chelsea.

Dalam tradisi di Afrika binatang ternak merupakan mas kawin paling bergengsi. Chepkurgor menyampaikan keinginan menikahi putri Hillary lewat surat.

Sambil menahan tawa istri dari mantan Presiden Bill Clinton ini mengatakan di sebuah televisi, ia sangat menghargai kebaikan Chepkurgor namun keputusan menerima lamaran itu tetap ada di tangan Chelsea. Tiga bulan berlalu Chepkurgor tewas diserang gajah dan suratnya tak pernah dibalas Hillary.


4. Mas Kawin 1 Juta Jempol Like Halaman Facebook

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Duit memang tidak bisa membeli cinta, namun tanda jempol di jejaring sosial Facebook terbukti dapat membuat seseorang akhirnya bisa menikah. Peristiwa ini terjadi di Yaman 2 tahun lalu.

Seorang ayah menginginkan 1 Juta tanda jempol di halaman Facebook miliknya sebagai mas kawin agar ia dan putrinya direstui untuk berumah tangga.

Namun sang ayah tidak memberikan tenggang waktu bagi calon mempelai laki-laki untuk memenuhi keinginan anehnya itu. Dengan populasi 24 juta, tentu saja 1 Juta jempol masih sangatlah sulit di raih di negara yaman tersebut.

Mas kawin yang tidak biasa ini menjadi terkenal di media sosial. Sebuah blog yang mengetahui hal ini menyerukan semua warga berpartisipasi agar pasangan itu bisa menikah. Namun baru dapat 35 ribu jempol dihalaman ayah sang putri, halaman tersebut sudah diblokir facebook.


5. Mas Kawin 100 Krat Minuman Keras

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Seorang ayah asal California ditahan karena merperbolehkan putrinya yang baru 14 tahun menikah dengan tetangganya, ia beranggapan karena si tetangga sudah memenuhi syarat mas kawin yakni uang Rp 194 juta, 100 kerat bir, dan belasan kotak daging.

Kejadian ini terungkap setelah ayah sang putri bernama Marcelino de Jesus Martinez meminta tolong petugas kepolisian merebut kembali sang putri lantaran mas kawin tersebut tidak dibayarkan.

Dia akhirnya juga ditangkap bersama lak-laki yang emmbawa kabur putrinya bernama Margarito de Jesus Galindo dengan tudingan pemerkosaan. Di Amerika gadis baru bisa dinikahkan minimal usia 16 tahun dengan persetujuan orang tua kedua belah pihak.


6. Mas Kawin 70 Domba, 50 Sapi, dan 30 Kambing

6 Mas Kawin Paling Aneh dan Unik di Dunia

Putri sulung dari  Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Malia An'n Obama, dilamar oleh seorang pengacara asal Kenya. Tak tanggung-tanggung, pria itu menawarkan mas kawin berupa 70 domba, 50 sapi, dan 30 kambing. Sang pelamar yang nekat itu bernama Felix Kiprono.

Dia menyodorkan puluhan ternak itu lantaran mengaku amat mencintai Malia dan ingin menikah dengannya. “Saya tertarik padanya sejak 2008. Dan faktanya, saya tidak berkencan dengan siapapun sejak saat itu dan berjanji akan setia padanya,”.

Surat tersebut sudah ia kirimkan melalui Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kenya. Dia mengatakan sudah sering bertemu dengan duta besar Amerika Serikat di Kenya dan sudah sejak lama berinteraksi dengannya.

Sampai saat, Gedung Putih sendiri masih belum memberikan komentar apa-apa mengenai lamaran dari Kiprono.

Sekadar informasi, Kenya adalah negara leluhur dari Obama. Sang ayah, Barack Obama Senior, sampai akhir hayatnya tinggal di Kenya.