Fakta Unik Tentang Komodo yang Belum Banyak Orang Tau

Kita tentu harus bangga dengan Indonesia, karena Indonesia mempunyai banyak alam dan budaya yang beraneka ragam. Keajaiban tentang alam Indonesia sudah sangat terkenal mancanegara, terutama Komodo sebagai binatang prasejarah dan hanya hidup di Indonesia.

Komodo " New 7 Wonders "

Tentunya banyak yang ingin pergi ke Taman Nasional Komodo untuk melihat salah satu binatang reptil purba yang masih hidup ini, tetapi orang tidak banyak yang tahu lebih dalam Komodo itu seperti apa.? Inilah beberapa fakta yang tidak di ketahui banyak orang sepurtar binatang Komodo ini.

1. Populasi Komodo

Komodo termasuk binatang purba yang tidak ada di bumi bagian manapun, dan hanya ada di Pulau Komodo, Manggarai Barat, NTT, Indonesia. Namun beberapa juga ada di negara lain karena beberapa hal contohnya untuk badan penelitian dan memperbanyak populasinya.

Komodo di Indonesia hidup secara asli mencari makan dengan berburu tanpa bantuan manusia, biasanya mereka memangsa kijang, kerbau, monyet dll. Untuk Komodo yang masih kecil memakan serangga. Komodo memangsa langsung tanpa mengunyah (sama seperti ular). Komodo ini cukup makan satu kali dalam satu bulan


2. Senjata Komodo

Komodo memiliki ekor sama panjang dengan tubuhnya dan ada sekitar 60 buah gigi tajam sepanjang sekitar 2,5 cm. Air liurnya merupakan senjata utama komodo yang mengandung banyak bakteri luar biasa dan berbahaya yang terkandung didalam air liur tersebut. 

Mangsa yang mendapat gigitan, biasanya akan mati dalam waktu dua puluh satu sampai tujuh hari karena septicemia atau keracunan darah. Di tahun 2009, peneliti menyatakan bahwa Komodo memiliki racun yang, mencegah pengentalan darah sehingga mengakibatkan pendarahan yang hebat pada mangsanya.


3. Komodo Tidak Punya Indra Pendengar

Komodo tidak memiliki indera pendengaran, meski pun ia memiliki lubang telinga. Komodo mampu melihat hingga sejauh 300 meter, namun karena bentuk retinanya seperti kerucut, binatang ini tak begitu baik saat melihat di kegelapan malam. Komodo mampu membedakan warna namun tidak bisa membedakan obyek yang bergerak. Komodo ini menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium mangsanya. 

Seperti binatang reptil lainnya, Komodo dapat mengetahui arah saat gelap menggunakan lidahnya. Dengan bantuan angin dan kebiasaannya menggelengkan kepala ke kanan dan kiri ketika berjalan, komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sampai sejauh 4-9,5 kilometer. Ada yang unik karena Komodo pernah dianggap tuli ketika para peneliti melakukan penelitian.


4. Masa Kawin Komodo

Masa kawin komodo ada di antara bulan Juli dan Agustus. Kurang lebinhya ada 3 komodo jantan akan memperebutkan 1 komodo betina. Saat itu komodo jantan akan sangat agresif dan sering berkelahi memperebutkan betina. Dan hanya pada saat itulah komodo bisa berdiri di atas dengan kedua kaki belakangnya.

Satu bulan setelah masa kawin, komodo betina bertelur jumlahnya hanya 15-30 butir. Telur telur itu disembunyikan didalam lubang sedalam 2 meter. Untuk mengelabui para predator, sang induk komodo biasanya membuat 2 lubang palsu.