Xultun, Situs Kerajaan dan Kalender Misterius Suku Maya

Xultun merupakan sebuah situs kerajaan suku Maya yang yang ditemukan oleh sekelompok arkeolog di utara Guatemala, Meksiko. Situs kerajaan ini terdiri atas piramida setinggi 35 meter, 2 ruangan besar, dan beberapa penampungan air. Diantara situs kerajaan suku Maya, Xultun merupakan situs terbesar yang pernah di temukan dan diteliti.

Xultun, Situs Kerajaan dan Kalender Misterius Suku Maya

Situs ini terbentang seluas 31 kilometer persegi, Xultun dapat menampung penduduk sekitar 10 ribu. Terdapat area yang disebut Chaj K'e'k Cue merupakan tempat kediaman para elite suku Maya, sebuah istana setinggi 8 meter. Masih banyak sebenarnya penemuan di area situs ini yang belum bisa terungkap.

Temuan yang paling menghebohkan dari situs ini adalah kalender matahari suku klasik Maya, yang mana akhir penanggalan itu tanggal 22 Desember 2012. Berdasarkan penelitian mendalam terhadap kalender tersebut, kalender matahari suku Maya sesungguhnya merupakan awal dari siklus yang baru, dan bukan merupakan akhir dari dunia seperti yang disangka sebelumnya.

Arkeolog juga menemukan sebuah tulisan pada dinding situs yang berisi catatan tentang kalender bulan. Kalender bulan tersebut juga berakhir pada tanggal 22 Desember 2012. Catatan ini bisa di salah artikan bahwa akhir dari dunia adalah pada tanggal itu,padahal kalender suku Maya merupakan siklus baru yang bisa berlangsung lebih dari 2,5 juta tahun lagi.

Xultun, Situs Kerajaan dan Kalender Misterius Suku Maya

Disekitar tulisan tersebut juga dilengkapi oleh peta simbol-simbol perbintangan. Bisa dipastikan yang membuat catatan tersebut ialah seorang pendeta yang menjadi tokoh penting bagi masyarakat suku Maya. Kerajaan suku Maya terlihat sangat tertarik pada bidang astronomi bintang, untuk menyesuaikan acara ritual dengan susunan bintang dilangit.

Penemuan catatan tersebut juga membuat para ahli menduga suku Maya menggunakan dinding sebagai papan tulis. Mereka juga membuat perhitungan matematika termasuk menghitung kalender yang rumit. Diantar hitungan itu juga terselip gambar dewa suku Maya sebagai pelindung mereka.

Ditemukan juga penemuan karya seni suku Maya pertama berupa lukisan yang tertutup dedaunan, ditemukan pada tahun 2010. Lukisan tersebut menggambarkan seorang raja dengan mahkota berbulu, duduk di singgasan dan ada seseorang berpakaian putih mengintip dari belakangnya dan sebuah lukisan tentang seorang juru tulis yang memegang alat tulis disebuah dinding.