7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan yang kita kenal adalah sebagai penghubungan antara daratan dan daratan yang dibawahnya digenangi air entah itu berbentuk sungai, danau ataupun lautan. Di indonesia ada banyak sekali jembatan yang indah dan unik yang pernah kita bahas disini 10 Besar Jembatan Paling Unik dan Menakjubkan di Indonesia.

Untuk kali ini mimin akan membahas jembatan-jembatan terpanjang di level asia tenggara. Tentunya ada banyak sekali jembatan yang akan masuk dalam daftar ini. Apakah indonesia masuk salah satu di antaranya, yuk simak tulisan di bawah ini hingga akhir.

1. Jembatan Penang, Malaysia

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan Penang adalah jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas pulau Penang dengan Seberang Prai di daratan Malaysia. Panjang dari jembatan ini sekitar 13,5 km, yang membuat jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmark nasional negara Malaysia. Jembatan ini menempati urutan ke-6 untuk yang terpanjang di dunia

Jembatan ini resmi dibuka pada tangga 14 September 1985. Sebelum jembatan ini di bangun transportasi angkutan antara pulau Penang dan daratan Malaysia hanya dilayani oleh kapal ferry. Pengguna jembatan tol ini hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang saja, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau. Tarif sekali jalan ke pulau penang adalah 5,6 Ringgit.


2. Jembatan Mawlamyaing, Myanmar

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan Mawlamyaing merupakan jembatan terpanjang di Myanmar. Jembatan ini menghubungkan antara kota Mawlamyaing dengan kota Mottama. Jembatan ini memiliki jalan untuk kendaraan bermotor sepanjang 2 mil dan jalur kereta api dengan panjang 4 mil serta jalur pejalan kaki.
Panjang total dari jembatan ini adalah 4,75 mil (7.640 m).


3. Jembatan Suramadu, Indonesia

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan yang memeiliki panjang sekitar 5,5 kilometer (5.438 m) ini biasa dibanjiri ratusan ribu orang dari seluruh indonesia untuk melihat bentuk dari jembatan ini. Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, yang menghubungkan antara Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan), Indonesia.

Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu ini terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge) dan jembatan utama (main bridge).


4. Jembatan San Juanico, Philipina

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan Candaba adalah sebuah jembatan berbentuk lengkungan yang terletak di Philipina membentang dari Samar ke Leyte persimpangan Selat San Juanico. Jembatan ini tidak melewati air dibawahnya sebagaimana jembatan pada umumnya. Tetapi jembatan ini terletak diatas jalan yang berada di Filipina dan panjangnya sekitar 5 km.

Jembatan ini merupakan jembatan lengkung yang indah, dan dianggap sebagai salah satu jembatan yang paling indah yang dirancang di Philipina.


5. Jembatan Rama VIII, Thailand

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan Rama VIII ini terletak di Bngkok, Thailand dan memiliki panjang sekitar 2,4 km dan diresmikan pada tahun 2002. Jembatan ini dibangun untuk mengenang Raja Rama VIII dari dinasti Chakri - Raja Ananda Mahidol dan merupakan bagian dari sistem transportasi Bangkok. Jembatan ini melintasi sungai Chao Phray.


6. Jembatan Second Link, Malaysia-Singapura

7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Yah dari namanya sudah terlihat jembatan ini mengenghubungkan antara Malaysia dan Singapura. Tidak terlalu panjang hanya sekitar 1,9 km dan diresmikan pada tahun 1998. Jembatan ini adalah jalan transportasi utama dari kedua negara tersebut.


7. Jembatan Kizuna, Kamboja
7 Jembatan Terpanjang di Asia Tenggara

Jembatan Kizuna adalah jembatan yang melewati sungai mekong di kamboja. Untuk menghubungkan kamboja dengan Thailand. Mempunyai Panjang 1,36 km dan diresmikan pada tahun 2001. Sebelum jembatan Kizuna dibangun, perjalanan antara dua negara itu sulit dan lambat.

Nah itulah ulasan mengenai 7 Jembatan terpanjang di asia tenggara, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua, mimin mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini ya ? Share ?