9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia

Mitos atau yang biasa juga disebut dengan pamali merupakan sebuah cerita prosa rakyat yang belum tentu jelas kebenarannya. Kalian pasti pernah kan mendengarkan mitos saat kecil dari teman, tetangga atau orang tua kalian ?

Ketika mengetahui tentang sebuah mitos, tentu reaksi kalian berbeda-beda. Ada yang percaya, penasaran, atau bahkan sampai merasa ketakutan. Setiap daerah maupun negara pasti memiliki mitos-mitos yang berbeda-beda, terlebih di Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya. 
9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia
Nah oleh karena itu, kali ini mimin ingin membahas nih tentang mitos-mitos di indonesia yang paling populer di kalangan masyarakat. Oke, tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak mitosnya di bawah ini !


1. Menyapu Tidak Bersih ? Dapat Pacar Berewok !

Kalian pernah dengar mitos ini, kan? Pasti pernah dong ? Bagi mimin, tentu saja mitos ini tidak masuk akal. Sekarang bayangkan saja, kalau misalkan yang menyapu adalah perempuan dan hasilnya tidak bersih, apa yang akan terjadi ? 

Kalau beruntung ya mereka akan mendapatkan jodoh seperti Ridho Rhoma loh, tapi kalau sial, paling mereka akan mendapatkan jodoh Preman kampung, ups.

Banyak orang tua ketika anak gadisnya sedang menyapu dan ditemukan ibunya tidak bersih maka serta-merta ibu tersebut akan bilang : “ kalau nyapunya ngga bersih ntar dapat suami brewokan loh. ”


2. Sakit Perut / Kebelet BAB ? Genggam Batu !

Siapa nih yang pernah dalam posisi ini waktu kecil ? Terus lagipula apa hubungannya coba, sakit perut atau kebelet BAB dengan megang batu dan di kantongi segala ? Yang ada tuh, kalau sakit perut ya megang Diapet atau Entrostop, itu kan lebih masuk akal. Mungkin yang lebih cocok batu itu bukan untuk sakit perut, tapi untuk bikin batu cincin :D


3. Duduk di Atas Bantal ? Bikin Bisulan !

Bantal yang kita tau merupakan tempat meletakkan kepala saat tidur. Tidak sopan kan kalau tempat kepala dijadikan tempat duduk. Mungkin itulah yang menjadi alasan orang tua pada zaman dahulu mengingatkan anaknya untuk tidak duduk di bantal karena akan bisulan. Dengan menakut-nakuti mereka maka diharapkan orang tidak akan duduk diatas bantal lagi.


4. Ngintip Orang Mandi ? Mata Bintitan !

Wah ini mitos yang mungkin paling populer di kalangan para lelaki, yaps mengintip perempuan yang sedang mandi di percaya akan mengakibatkan mata kalian menjadi bintitan. Kalau ini sih mimin jamin cuma mitos, karna dulu mimin temen mimin pernah ngintip perempuan mandi dan selang beberapa hari dia tetap sehat-sehat aja kok, matanya pun nggak ada bintitan. 

Tapi tetap aja, bintitan atau nggak bintitan, sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini, karena merupakan perbuatan yang tidak sopan loh.

9 Mitos-Mitos dan Pamali Yang Paling Populer di Indonesia


5. Gigi Copot ? Dilempar ke Arah Sebaliknya !

Mitos ini biasanya selalu terjadi dan masih dipercaya dikalangan anak kecil. Tapi mimin pun sampai sekarang ini masih sering ngelakuinnya, mungkin karena kebiasaan ya. Namun yang jelas mitos ini sangat konyol. 

Katanya, kalau ada gigi kita yang copot, maka harus dilempar ke arah yang sebaliknya. Misalkan, gigi bawah kita copot, maka kita harus melemparkan ke atas genteng dan jangan sampai jatuh, sebaliknya kalau gigi atas kita copot, berarti kita harus melemparnya ke bawah tanah.


6. Serutan Pensil Ditiup ? Bisa Tumpul !

Pernah nggak sih, ketika kalian kecil dulu meniup serutan pensil yang kotor, tiba-tiba ada teman yang ngomong, “Jangan ditiup, Bro ! Nanti serutan lo bisa tumpul loh,” dan seketika kalian pun menjadi takut untuk meniup serutan lagi. 

Tapi kalau soal mitos ini, mimn  juga tidak tau sekali kebenarannya. Mungkin, kalian bisa tanyakan langsung ke toko serutan pensil terdekat, siapa tau dia bisa menyelesaikan pertanyaan atas mitos ini.

7. Ngeliat Orang Sakit Mata ? Bisa Ketularan !

Dulu mimin sempat percaya dengan mitos ini, dipikir-pikir juga mungkin ada benarnya memang ada yang berbeda ketika kita menatap mata orang yang sedang sakit mata. Tapi ternyata mitos ini tidak loh. Saking penasarannya, sebelum menulis tentang mitos ini, sempatin searching di Google dan menurut informasi dari banyak Situs Terpercaya ternyata semua itu tidak benar.

8. Makan Tidak Habis ? Ayam Kita Mati !
Saat kalian masih kecil dahulu, pasti pernah kan tidak menghabiskan semua makanan dari ibumu. Alasannya banyak, mungkin kalian tengah asik makan lantas temanmu datang lalu meninggalkannya atau mungkin kalian tidak terlalu suka dengan makanannya. Kalau tidak habis ibumu pasti bilang, " kalau makan nggak habis, ayammu besok bisa mati ".

Hal semacam ini mungkin ada lantaran anak zaman dahulu suka sekali mempunyai hewan peliharaan dan sangat di sayang. Oleh karena itu orang tua dengan cerdas 'mengancam' harus menghabiskan seluruh makanan atau hewan peliharaannmu akan mati.


9. Main Lepas Maghrib ? Diculik Wewe Gombel !

Jauh sebelum ada yang namanya HP, game on-line, TV serta Play Station merajalela seperti saat ini, anak-anak kecil zaman dulu punya aktivitas sendiri. Selesai mereka pulang sekolah dan makan, mereka akan menggunakan waktunya hingga sore bermain bersama teman. Tapi selepas Maghrib datang, mereka bakal segera pulang lantaran ingat pada pesan orang-tua mereka,

'Jangan main diluar saat Maghrib. Nanti kamu di culik Wewe Gombel !'.

Memang sih mitos tentang hantu Wewe Gombel adalah hantu yang suka mengambil anak kecil. Tetapi mitos ini sebenarnya merupakan pendisiplinan kepada anak kecil. Dimana Maghrib harusnya mereka dirumah istirahat, kan udah main seharian tadi. Nah lho, tapi ada bagusnya juga mematuhi mitos tersebut ?


Nah, mungkin itu hanya sedikit saja tentang mitos-mitos dan pamali yang ada di masyarakat Indonesia. Terserah sih, kalian mau percaya atau tidak dengan semua mitos di atas. Intinya, kalian ambil saja nilai-nilai positifnya dari semua mitos tersebut.

Mana diantaranya mitos yang masih kalian percayai dan kalian lakukan sampai saat in. Share ?