5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Yang kita sudah tau Jembaran Suramadu merupakan jembatan paling mewah di Indonesia. Jembatan ini yang menghubungkan pulau Jawa dan pulau Madura dan juga merupakan Jembatan Terpanjang di indoensia. Jembatan ini awal mulanya dibangun pada tahun 2003 dan membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan proyek jembatan ini.

Jembatan ini sangai penting untuk mendongkrak nilai ekonomi dan transporasi khususnya pulau Madura. Jembatan ini banyak mempersingkat waktu perjalanan dari pulau Jawa ke Madura yang sebelum dibangunnya jembatan ini menggunakan kapal. 

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Jembatan ini mungkin terlihat biasa saja jika dilihat pada siang hari, namun semuanya itu akan berubah ketika malam hari. Jembatan ini terlihat sangat indah karena di penuhi oleh pancaran sinar lampu yang berwarna-warni. Kali ini mimin akan membahas tentang 5 fakta unik tentang Jembatan Suramadu yang sudah mimin rangkum untuk kalian semua.


1. Diresmikan Oleh 2 Presiden

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Karena pembangunan jembatan memakan waktu sekitar 7 tahun, maka pembangunan jembatan ini diresmikan oleh 2 presiden Indonesia. Jembatan Suramadu awal di resmikan pembangunannya pada tahun 2003, pada masa presiden Megawati Soekarnoputri dan selesai pada tahun 2010 ketika presiden Susilo Bambang Yodhoyono sedang menjabat.


2. Jembatan Terpanjang

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu ini telah masuk kedalam Museum Rekor Indonesia (MURI), yang memegang rekor sebagai jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 5,43 km yang menghubungkan antara Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (Bangkalan). 


3. Perjalanan Hanya 10 Menit

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu ini sangat mempersingkat waktu perjalanan dari kota surabaya menuju madura. Sebelum dibangunnya jembatan ini, transportasi untuk menuju Madura dan sebaliknya menggunakan kapal ferry. 

Jika menggunakan kapal ferry menuju pulau Madura biasanya memakan waktu hingga 30 menit itu pun belum termasuk antri dan menunggu kapal berangkat. Sedangkan jika kita menggunakan jembatan Suramadu ini dengan kendaraan bermotor, kita cuma perlu 10 menit saja untuk sampai ke Pulau Madura.

4. Mampu Bertahan 100 Tahun

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Dengan anggaran biaya pembangunan mencapai Rp.4,5 triliun, sedikitnya menghabiskan 650.000 ton beton dan 50.000 ton besi baja, memang permbangunan jembatan ini dirancang untuk sekuat mungkin. 

Kan jembatan ini merupakan jembatan paling megah dan terpanjang di Indonesia, sudah pasti ribuan kendaraan akan hilir-mudik melintasi jembatan ini baik itu ke Madura atau pun Surabaya. Maka dari itu, si perancang jembatan ini berani berujar bahwa Suramadu mampu bertahan sampai 100 tahun kedepan.


5. Biaya Masuk Gerbang Tol Suramadu

5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu ini sedikit berbeda dengan jalan raya di jembatan pada umumnya. Jembatan ini dibangun mirip dengan jalan tol yang mengharuskan membayar biaya loket masuk untuk melintasinya. 

Namun bagi kalian pengendara motor masih bisa kok menyebrang menggunakan jembatan Suramadu ini, malah gratis loh. Berikut biaya detil masuk jembatan suramadu yang dibagi menjadi 4 golongan :
  • Sepeda Motor: Gratis.
  • Golongan I: Rp30.000,00.
  • Golongan II: Rp45.000,00.
  • Golongan III: Rp60.000,00.

Itulah ulasan mimin mengenai 5 Fakta Unik Tentang Jembatan Suramadu. Ya kita sebagai warga indonesia tentu harus bangga memiliki jembatan Suramadu ini, selain sebagai jembatan terpanjang kemegahannya tentu akan sedikit memperindah negeri kita tercinta ini.