3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

Fenomena alam sekitar memang selalu berhasil membuat manusia terpesona dan bisa mengurangi kadar kesombongan mereka sewaktu berhadapan dengan lukisan agung karya Sang Pencipta. Indonesia sebagai negara yang 70 % geografisnya terdiri dari perairan tentu tak memungkiri bahwa Indonesia memiliki banyak aliran sungai.

Aliran-aliran sungai tersebut memiliki ciri khas masing-masing sesuai kondisi demografis daerahnya. Indonesia juga memiliki sungai-sungai indah karena mengalir di bawah permukaan tanah. Rata-rata dari mereka menjadi sebuah surga tersembunyi di antara daratan di atasnya.

Nah ini dia 3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia yang tentunya sangat menarik untuk kita kunjungi untuk langsungsung bertatap muka melihat keindahannya. Cek it out ?

1. Goa Pindul Gunungkidul


Goa Pindul adalah sebuah wisata baru yang berada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lebih tepatnya terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Area goa ini memiliki 7 goa yang semuanya di aliri oleh sebuah sungai. Panjang sungai bawah tanah di dalam goa tersebut yaitu sekitar 300 meter dan lebar 5 meter.

Wisata yang ditawarkan disana yaitu batuan staglamit yang indah, sungai yang jernih lengkap dengan wisata spiritual. Untuk menikmati wisata Goa Pindul kalian cukup merogoh kocek sekitar Rp25.000 untuk sekali perjalanan. Disana kalian akan diajak melewati tiga zona dalam gua yakni zona tenang, remang, dan gelap.


2. Goa Loa dan Goa Bangi

3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

LokasiGoa Loa dan Goa Bangi ini berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Memasuki goa ini kalian akan menikmati pesona sungai bawah tanah, air terjun dan danau. Lebar mulut gua sekitar 5 meter dengan lorong yang lebar dengan dominasi dinding dan tanah yang berbatu.

Semakin ke dalam lorong semakin basah dan mengecil, terdapat genangan air dan lumpur. Kemudian sampai di ruangan kecil dengan lorong menurun yang merupakan batas muka air di mana terdapat sungai bawah tanah kecil.


3. Air terjun Gua Liang Hajuq

3 Sungai Bawah Tanah yang Tersembunyi di Indonesia

Liang Hajuq merupakan sebuah gua dengan panjang hampir 2 km dengan lorong-lorong besar dan panjang. Gua ini sebenarnya bukan sebuah lokasi wisata, namun bagi kalian yang ingin melihat keunikan sungai bawah tanah bisa mengunjunginya. Karena Gua ini memang dijaga ketat dan hanya dihuni oleh sekumpulan walet yang menghasilkan beberapa kilogram sarang burung.

Namun hal yang unik dari gua ini adalah adanya beberapa air terjun dengan ketinggian bervariasi 4 sampai 7 meter. Jika gua ini terus disusuri maka kita akan menemukan sungai bawah tanah. Sungai bawah tanah ini merupakan lanjutan dari sungai di Liang Puruk yang arusnya cukup deras.

Nah bagaimana sungai-sungai di atas, apakah kalian berniat untuk mengunjunginya. Nmun ingat, kalian  harus ditemani pemandu dan juga melakukan persiapan yang matang. Hindari pula mengunjungi gua pada saat cuaca sedang buruk, karena letaknya yang riskan yaitu di bawah permukaan tanah.