Tangan Robot "IRON MAN" Asal Bali di Duga HOAX Belaka

Beberapa waktu belakangan ini nama I Wayan Sumardana alias Tawan tengah menjadi sorotan panas publik. Pria ini juga disebut-sebut sebagai Iron Man asal Bali karena berhasil menciptakan alat untuk menggerakan tangan kirinya yang lumpuh itu. Bahkan, berita mengenai tangan robot ciptaan Wayan tersebut sampai dimuat oleh banyak media internasional.

Namun, banyak reaksi yang berbeda justru ditunjukkan oleh netter di media sosial. Mereka meragukan kebenaran cerita dan fungsi tangan robot tersebut dan menyebutnya hanya hoax belaka. Bahkan, muncul sejumlah akun yang melakukan analisis mendalam terhadap tangan robot Wayan itu.



Salah satu akun Facebook bernama M Asad Abdurrahman menuliskan jika rangkaian eletronik dari tangan robot itu jelas palsu. Ia menyebut jika Wayan hanya mengambil motherboard komputer dan port yang ada berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun. Akun tersebut juga mengatakan jika alat tersebut tidak masuk akal.

M Asad Abdurrahman juga menjelaskan apa yang mendasarinya untuk berpendapat bahwa perangkat tangan robot yang dikendalikan oleh pikiran itu adalah palsu, mulai dari analisa port USB dan port audio yang biasa terdapat di motherboard komputer hingga analisa papan sirkuit (PCB) yang sudah tidak layak pakai.

Terakhir, ia juga melihat bahwa ada PCB yang teridentifikasi sebagai bagian dari mouse komputer. "Yang jelas, saya salut pada orang ini. Dia berhasil membual dan banyak yang percaya," tulis dalam akun facebooknya.

Menurut kalian bagaimana tapi menurut mimin sendiri, mimin juga bingung jika harus mengatakan ini benar atau palsu. Tentunya harus di analisa lebih mendalam lagi untuk mendapat kejelasan yang pasti.