8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Kawin silang merupakan salah satu kejadian ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti dunia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membuat suatu eksperimen atau membuat spesies baru dari makhluk hidup dengan cara mengawinkan dua makhluk hidup yang berbeda ras. Kawin silang yang sudah populer dan sering dilakukan adalah kawin silang pada beberapa jenis tanaman.

Namun saat ini bukan hanya tanaman saja, kawin silang pada jenis hewan pun sudah banyak dilakukan.Hasil dari kawin silang hewan ini pun ada yang berhasil dan telah menjadi spesies hewan baru yang spektakuler. 

Berikut ini merupakan beberapa hewan hasil kawin silang yang membentuk suatu spesies hewan baru yang spektakuler. Apa saja itu, simak dibawah ini ?

1. Liger ( Lion & Tiger )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Liger adalah hasil spesies kawin silang antara singa jantan dan harimau betina. Hasilnya, liger menjadi spesies kucing besar baru yang mempunyai sifat unik dan tubuh yang kerap disebut terbesar di antara kucing besar. Berbeda dengan singa yang anti air, liger sangat suka berenang sama seperti harimau. Namun liger senang hidup secara berkelompok mirip seperti singa.

Sebagai spesies kucing terbesar saat ini, liger jantan bisa mencapai panjang 3,5 meter wow! Liger terbesar saat ini bernama Hercules, penghuni taman rekreasi di Miami, Amerika. Ligers hanya dapat ditemukan di dalam penangkaran, walaupun dalam sejarah pernah ada cerita Liger ditemukan di habitat alam liar.

2. Jaglion ( Jaguar & Lion )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Jaglion adalah kucing besar hasil kawin silang antara jaguar jantan dan singa betina. Kucing ini mempunyai warna dasar bulu coklat muda seperti singa dan totol bunga teratai seperti jaguar. Tubuh jaglion sendiri tegap, berotot dan tidak terlalu gemuk seperti singa.

Di beberapa kasus unik, jaglion mempunyai bulu berwarna dasar gelap, bahkan hitam, membuatnya terlihat sangat menakutkan dan gagah. Salah satu contohnya adalah jaglion bernama Jahzara dan Tsunami, hasil dari perkawinan jaguar bernama Diablo dan singa betina bernama Lola.

3. Grolar ( Bear )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Grolar Bear adalah kombinasi kawin silang antara beruang berbulu abu-abu grizzly dengan beruang putih kutub. Beberapa ahli memperkirakan, meski telah dikawinkan beruang kutub tidak akan mampu hidup di daerah yang panas sebagaimana halnya beruang berkulit abu-abu. Namun faktanya, hasil kawin silang ini dapat hidup di daerah yang panas karena harus beradaptasi dengan lingkungannya.

Beruang kutub dan beruang grizzly umumnya tidak suka berkelompok dan menjauhkan diri dari yang lain. Grizzly menyukai daerah hutan dan selalu berkembang biak di darat, sedangkan beruang kutub hidup di lingkungan seperti air dan es dan bahkan melahirkan di atas es.

4. Wholphin ( Dolphin )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Wholphin adalah salah satu kekayaan biota alam bawah laut. Dia adalah hasil perkawinan silang antara lumba-lumba kepala botol Atlantik dengan ikan paus pembunuh. Wholpin kini hanya ada 2 ekor yang hidup di Sea Life Park, Hawaii. Ukuran Wholpin kurang lebih sama seperti spesies lumba-lumba, meski demikian jumlah gigi yang mereka miliki tidak sama. Jika lumba-lumba kepala botol memiliki 88 gigi, ikan paus memiliki 44 gigi, sementara Wholphin memiliki 66 gigi.

5. Zebroid ( Horse & Zebra )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Zebroid adalah hasil hybrid / kawin silang dari Kuda jantan dengan Zebra betina, Keledai jantan dengan zebra betina dan bisa juga Zebra Jantan dengan Kuda ataupun keledai betina. Kawin Silang ini terjadi sejak awal abad-19.

Namun anak dari perkawinan silang ini tidak sepenuhnya sempurna, hanya ada beberapa anak yang memiliki bentuk seperti keledai dengan garis- garis di tubuhnya seperti zebra. Perkembangan kawin silang ini menimbulkan beberapa spesies lagi seperti Zorse, Zonkey dan Zony.

Zorse = persilangan antara zebra jantan dan kuda betina.
Zonkey = Lahir dari zebra jantan dan kedelai betina.
ZonyZony lahir dari seorang induk kuda poni dan zebra jantan.

6. Coywolf ( Coyete & Wolf )

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Spesies yang ini adalah perpaduan antara coyote (anjing hutan) dan wolf (serigala). Persilangan genetik ini terjadi secara alami di alam liar. Jadi telah banyak ditemui di sekelompok Coywolf yang ada di alam bebas. Coywolf mempunyai karakter yang merupakan perpaduan induknya. Dia suka berburu dan agresif terhadap mangsanya, seperti serigala. Tapi takut kalau mendekati pemukiman penduduk seperti coyote.

7. Savannah Cats

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Kucing savanah adalah perpaduan dari kucing di Georgia dengan kucing di Afrika. Para sejarawan meyakini hewan kucing mulai menjadi perhatian dunia pada pertengahan tahun 1980-an di Pennsylvania. Baru pada 1996, dibentuklah Asosiasi Kucing Internasional untuk mengenali berbagai jenis kucing di dunia.

Savannah adalah kucing besar dengan tubuh yang sangat ramping dan lincah. Mereka dapat meloncat sangat tinggi, tidak takut air dan merupakan kucing tertinggi di dunia. Hewan yang mirip versi miniatur cheetah ini perilakunya loyal dan sangat setia kepada majikan seperti anjing. Savanna juga hewan sosial ramah terhadap kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya.

8. Bee Death

 8 Hewan Kawin Silang (Hybrid) Paling Spektakuler

Hewan yang juga disebut lebah pembunuhini adalah jenis lebah hibrida yang dihasilkan dari perkawinan silang antara lebah Afrika dengan berbagai jenis lebah madu Eropa seperti A. m. ligustica dan A. m. iberiensis. Lebah madu Afrika adalah jenis lebah penghasil madu yang paling produktif di antara jenis lebah madu lain.

Sejak pembebasan mereka di alam liar, lebah pembunuh telah bereproduksi menjadi berlipat ganda dan bermigrasi. Mereka dapat ditemukan di seluruh Amerika Selatan dan melalui sebagian besar Amerika Utara. Ketika mereka terancam dengan cara apapun, mereka akan menyerang dan serangan mereka datang dalam jumlah yang besar. Mereka akan menyengat tanpa ampun dengan ancaman kematian, seperti yang terjadi sekitar dua orang per tahun di Amerika Serikat.

Nah, itulah ulasan mengenai 8 Hewan Hasil Kawin Silang Paling Spektakuler. Dengan segala keunikannya tak salah jika hewan-hewan tersebut merupakan salah satu hasil kawin silang paling bernilai harganya.