6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Indonesia ternyata tidakk hanya terkenal sebagai negara yang memiliki pulau-pulau beragam dengan pemandangan indah saja, tetapi juga memiliki jalanan yang unik dengan pemandangan sangat indah. Jalan-jalan tersebut dapat membuat semua orang yang melewatinya begitu takjub akan keindahan desainnya maupun keindahan alam sebagai backgroundnya.

Kita tentu tidak usah jauh-jauh pergi keluar negeri untuk menemukan jalan-jalan yang bisa di kategorikan menakjubkan ini. Saking indahnya, jalan-jalan berikut juga bukan hanya dipakai sebagai akses penghubung antar wilayah saja namun kini menjadi alternatif tujuan wisata yang ciamik.

Inilah 6 jalan di indonesia yang indah dan tentunya keren abis. Jangan lupa juga siapkan kamera anda jika melewati jalan-jalan berikut.

1. Jalan Kelok 9

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Kelok 9 merupakan jalanan dengan pemandangan landscape indah yang terletak di Sumatera Barat tepatnya 30 km sebelah timur kota Payakumbuh. Kelok 9 ini merupakan gabungan antara jalan berkelok dan serta jembatan indah di pinggir tebing yang baru diresmikan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013 lalu.

Panjang jalan ini membentang sepanjang 2,5 kilometer membelah daerah perbukitan di wilayah tersebut. Banyak dari pengendara yang menyempatkan berhenti sejenak di tempat ini untuk menikmati pemandangan dan udara yang segar di sekitaran bukit yng berada di sisi jalan. Jembatan ini menjadi juga kebanggaan Sumatera Barat dan Indonesia tentunya.

2. Jalan Kelok 44

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Selain jalan kelok 9, ada terdapat satu lagi jalanan indah bernama Kelok 44 di Provinsi Sumatera Barat. Berada di jalur Kabupaten Agam, Kelok 44 ini membentang di perbukitan sekitar Danau Maninjau. Disebut Kelok 44 karena jalanan ini memang memiliki 44 buah kelokan. 

Dengan pemandangan dan landscape yang menakjubkan sepanjang jalan ini, Kelok 44 pun menjadi salah satu ikon terkenal balap sepeda Tour de Singkarak.

3. Tol Bali Mandara

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Meski tergolong baru namun keindahan jalan Tol ini sudah membuat banyak orang terpukau. Jalan Tol Bali Mandara merupakan jalan tol atas laut pertama di Indonesia. Jalan ini membentang sepanjang 12,7 kilometer dan menghubungkan Kabupaten Nusa Dua, Ngurah Rai serta Tanjung Benoa.

Saat melintasi Tol Bali Mandara, Kalian akan disuguhkan tak hanya pemandangan laut saja, tetapi juga hutan bakau serta kapal-kapal besar yang sedang bersiap sebelum merapat ke pelabuhan.

4. Jalan heat Tembaga Pura

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Jalan heat Tembaga Pura merupakan jalur menuju ke pertambangan Grasberg di kawasan PT. Freeport Indonesia, Jayapura, Papua. Jalanan sepanjang 8 km itu membelah perbukitan di Tembagapura ini dan memiliki fungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area tambang. 

Jalan Heat Tembagapura ini juga menjadi salah satu jalanan paling indah di Indonesia karena keelokan lekuk-lekukan jalan indah sangat unik yang terdapat di lokasi tambang tembaga terbesar di dunia ini.

5. Jalur Lingkar Nagreg

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Lingkar Nagreg adalah jalur alternatif yang digunakan pengendara saat mudik lebaran, jalan yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu ini juga menjadi salah satu jalanan dengan pemandangan kiri-kanan yang indah. Dibangun untuk tujuan mengurai kemacetan di jalur utama nagreg terutama kala musim mudik menjelang, lingkar nagreg memiliki daya pikat tersendiri terutama pas di bagian terowongan Lingkar Nagreg. 

Jalan yang membentang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini memang sebagian harus membelah perbukitan dengan konstruksi berupa terowongan. Terowongan inilah yang menjadi daya ikat jalur lingkar Nagreg dan sering dijadikan objek foto oleh pengendara yang melewati jalur tersebut.

6. Jalur Pantura Rembang - Tuban

6 Jalan Raya Indah Indonesia yang Keren Abis

Jika kalian pernah pergi ke Surabaya melalui jalan darat, tentu cukup familiar dengan ruas jalan yang terbentang atara kota Rembang hingga Tuban. Jalan yang termasuk jalur pantura Jawa ini menyuguhkan pemandangan pantai dan bentangan laut Jawa yang spektakuler.

Di waktu-waktu tertentu terutama sore hari, kawasan pesisir ini ramai dengan kapal para nelayan yang bersandar seusai menangkap ikan. Bagi yang menyukai pemandangan pantai dengan hembusan angin laut tentu akan tergoda untuk berhenti sejenak saat melintasi ruas jalan ini.