5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Bencana nuklir besar pertama kali terjadi bukanlah terjadi karena suatu kecelakaan, itu semua akibat dari perang besar antara dua kekuatan besar dunia, dalam tahap akhir Perang Dunia II pada tahun 1945. Amerika Serikat melakukan dua pemboman atom terhadap kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang, yang pertama pada 6 Agustus 1945 dan yang kedua pada tanggal 9 Agustus 1945.

Bencana nuklir besar biasanya menyebabkan kematian yang tak terhitung dan berbagai masalah fisik, emosi dan genetik serius yang dihadapi oleh banyak generasi. Keluarga hancur dan orang kehilangan orang yang mereka cintai, rumah dan seluruh harta benda hanya dalam satu hari.

Selanjutnya banyak terjadi lagi bencana-bencana nuklir besar dunia. Berikut ini adalah 5 bencana nuklir terburuk sepanjang masa :

1. Chernobyl, Ukraina, 1986 :

5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Bencana Chernobyl adalah kecelakaan nuklir yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 di Chernobyl Nuclear Power Plant di SSR Ukraina (sekarang Ukraina). Kecelakaan itu terjadi di reaktor nomor 4 di dekat kota Pripyat. Ada lonjakan listrik tiba-tiba di bagian output dan ketika shutdown darurat dicoba, lonjakan lebih ekstrim terjadi pada output daya.

Meledaknya empat pembangkit setelah uji coba, yang menyebabkan kebakaran selama 9 hari dan melepaskan sedikitnya 100 kali lebih tinggi daripada radiasi saat bom Hiroshima dan Nagasaki. Lima orang tewas seketika, tapi menurut Badan Energi Atom Internasional (IAEA) kecelakaan itu menewaskan sekitar 4000 orang.

2. Kyshtym, Rusia, 1957 :

5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Kesalahan dari sistem pendingin di dalam pembangkit Mayak menyebabkan ledakan non nuklir yang mengakibatkan lepasnya 80 ton material radioaktif. Sekitar 10.000 orang di evakuasi setelah ada laporan kulit orang-orang sekitar tempat kejadian meleleh. Sedikitnya 200 orang di laporkan tewas.

3. Three Mile Island, Amerika Serikat, 1979 :

5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Pendingin di pembangkit Pennsylvania tidak berfungsi hingga menyebabkan sebagian dalam satu pembangkit hancur dan mengakibatkan lepasnya radioaktif ke atmosfer dan menyebabkan kerugian negara sebesar USD 2.400. 10 kasus pengadilan juga diajukan pada berbagai otoritas, tentang kecelakaan in, dan mereka mengambil 15 tahun lamanya untuk kasus ini dapat diselesaikan. Untungnya kejadian ini tidak menyebabkan kematian atau cedera.

4. Windscale, Inggris, 1957 :

5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Inti pembangkit nuklir pertama Inggris terbakar sehingga material radioaktif lepas. Peristiwa ini menyebabkan 240 kasus kanker, selain itu, peternakan susu juga terkontaminasi serius, menjatuhkan penjualan susu sebesar 15%. Ini adalah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah Inggris, peringkat dalam tingkat keparahan pada tingkat 5 pada Nuklir Internasional 7-point Event Skala. 

Api merilis 20.000 curie diperkirakan yodium-131, serta 594 curie cesium-137 dan 24.000 curie dari xenon-133, antara radionuklida lainnya. Insiden ini menghasilkan sekitar kasus kanker. Selain ini, peternakan susu yang terkontaminasi serius, menjatuhkan penjualan susu sebesar 15%.

5. Fukushima, Jepang, 2011 :

5 Bencana Nuklir Terburuk Dunia Sepanjang Masa

Reaktor nuklir yang ada di Fukushima Jepang mengalami kebocoran dan serangkaian ledakan setelah sebelumnya terjadi sebuah gempa bumi berkekuatan 9.0 skala Richter yang disusul oleh tsunami. Tsunami itu diketahui merusak reaktor Fukushima 1 sehingga memicu terjadinya matinya 3 reaktor dari total 6 reaktor yang ada di tempat itu.

Insiden yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 tersebut menyisakan zat radioaktif dalam jumlah besar dan berpotensi mengancam dunia, tidak hanya Jepang saja. Sekitar 10-30 persen dari zat radioaktif yang ada di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima dinyatakan tersebar ke alam bebas.