Manariknya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Dunia

" GEMASOLAR THERMOSOLAR PLANT, SPANYOL "

Manariknya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Dunia

Gambar di atas terlihat seperti sebuah proyek teater seni raksasa. Pola melingkar yang mana berjejer panel-panel cermin yang merupakan bagian dari pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia yang mampu menghasilkan listrik di malam hari. Instalasi raksasa pembakit listrik tenaga surya ini dikenal sebagai Gemasolar Thermosolar Plant.

Gemasolar terletak di wilayah Fuentes de AndalucĂ­a, provinsi Sevilla di Spanyol selatan. Instalasi Gemasolar terdiri dari 2.650 panel cermin yang luar biasa besar dengan ukuran 120 meter persegi masing-masingnya dan tersebar pada areal seluas 185 hektar pada lahan pedesaan. 

Panel-panel cermin tersebut disebut dengan heliostats, yang mana tugasnya memfokuskan 95 persen cahaya radiasi matahari ke penerima tiang raksasa yang berdiri di tengah-tengah panel-panel tersebut. Teknologi energi matahari yang keren kan ?

Manariknya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Dunia

Cahaya sinar matahari ada sepanjang tahun di kawasan selatan Spanyol, yang berarti fasilitas Gemasolar dapat beroperasi secara berjalan, menjamin produksi listrik untuk minimal 270 hari per tahun, yang mana jumlah energi yang dihasilkan dapat mencapai tiga kali lebih banyak dari energi terbarukan lainnya. 

Proyek Gemasolar ini merupakan hasil karya perusahan Torresol Energi yang merupakan perusahaan patungan antara perusahaan energi Abu Dhabi yang bernama Masdar dan perusahaan teknik Spanyol yang bernama Sener. Proyek Gemasolar dibangun dalam waktu dua tahun, dengan biaya £ 260 juta. 

Gemasolar ini dapat menghasilkan tenaga rata-rata sebesar 19.9 MW, diharapkan akan dapat menghasilkan suplai energi sebesar 110 GWh per tahun, yang kurang lebih cukup untuk mensuplai energi listrik 25.000 rumah di wilayah Andalusia. Solusi yang efektif dan efisien untuk suatu teknologi listrik masa depan.

Berikut adalah videonya :