Permen-Permen Khas Unik dari Berbagai Negara Dunia

Permen adalah makanan ringan yang rasanya manis sangat digemari oleh semua kalangan mulai dari anak-anak sampai usia dewasa. Banyak sekali terdapat aneka ragam jenis dan rasa permen, para produsen permen berlomba lomba untuk membuat permen dengan rasa yang khas.

Seperti di bawah ini adalah Permen-Permen Khas Unik dari Berbagai Negara Dunia, pasti kalian semua jadi pingin mencicipinya kan ?

1. LI HING MUI (China)


Sebenarnya permen khas ini dibuat dari buah plum kering dan diberi bubuk li hing yang rasanya manis, asam dan asin. Kombinasi rasa ini menciptakan rasa yang kuat yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit tenggorokan. 

Permen ini awalnya hanya terdapat di china dan beberapa negara asia. Kemudian pada tahun 1900an, permen ini dibawa masuk pertama kali ke hawaii oleh seorang imigran asia yang bernama Yee Sheong. Saat ini permen ini sudah sangat terkenal dan menjadi primadona pecinta permen khususnya anak-anak.

2. NOUGAT (Perancis)



Saat singgah di perancis jangan lupa ya mencicipi permen tradisional bernama Nougat ini. Permen yummi ini diolah menggunakan gula dan madu, kacang pistachio, almond, hazelnut ditambah buah buahan kering lainnya. 

Tekstur nougatnya berbeda-beda, ada yang lunak ada yang keras tergantung bahan yang dipakai. Tidak hanya tekstur, warnanya pun bisa berbeda. Nougat putih terbuat dari putih telur, sedangkan nougat cokelat dibuat dari gula caramel dan lebih kriuk kriuk saat dikunyah.

3. TURKISH DELIGHT (Turki)


Turkish Delight adalah kembang gula yang nama aslinya Lokum atau Cyprus Delight ini emang pantas menjadi kesukaan banyak orang. Teksturnya yang lembut dan lengket mirip jeli ditambah potongan kecil kacang-kacangan seperti walnut, almond atau kenari serta taburan gula halus di sekelilingnya, membuat rasa permen ini Legit banget. 

Permen ini sudah diproduksi sejak abad ke-15 di negara Turki. Namun berkat kelezatannya, Turkish Delight bisa terkenal ke seluruh eropa bahkan seluruh dunia, permen ini dapat julukan Hanhish Candy karena dapat membuat orang ketagihan memakannya.

4. GUMMY BEAR (Jerman)


Permen kenyal ini awalnya diciptakan oleh Hans Riegel dari kota Bonn di Jerman pada tahun 1922. Si mungil legit berwarna warni ini aslinya bernama gummibar atau gummibarchen yang dalam bahasa inggris menjadi gummy bear. 

Ketenaran permen ini mencapai negara Amerika Serikat. Di sana gummy bear mempunyai 5 rasa khas. yaitu rapsberry (warna merah), jeruk (warna orange), stroberi (warna hijau), nanas (kuning muda) dan lemon (warna kuning).

5. PERMEN JAHE (Indonesia)



Permen jahe memang merupakan permen yang tergolong kuno. Berbicara permen ini bukan hanya berbicara puluhan tahun lalu, tetapi ratusan tahun. Setidaknya permen ini sudah tercatat di dalam buku "Island of Java" karya John Joseph Stockdale, pelancong asal Inggris, yang menyebutkan pada tahun 1778 Belanda mengirim sebanyak 5.000 kilogram produk yang disebut candied ginger dari Batavia ke Eropa. 

Permen ini sangat digemari di Eropa karena menyembuhkan kembung. Permen ini juga cocok untuk menghangatkan badan serta menyegarkan tenggorokan, apalagi saat udara dingin. Permen ini Asli berasal dari indonesia. Negara yang terkenal dengan hasil rempah-rempahnya.

6. BOTAN RICE CANDY (Jepang)



Permen ini berasal dari jepang. Botan Rice Candy sangat lembut, kenyal, rasanya seperti jeruk lemon dan dilapisi kertas pembungkus beras di bagian luar. Permen ini seperti plastik dan kering, tetapi jika sudah dimakan permen tsb akan mencair di mulut. Ini adalah permen tradisional Jepang dan saat ini sudah diimpor ke Amerika Utara dari Jepang oleh JFC International.

7. BRIGADEIRO (Brazil)


Konon pesta ulang tahun anak-anak di brazil tak akan semarak bila tidak tersedia permen yang terbuat dari susu dan bubuk cocoa ini. Nama Brigadeiro sendiri diambil dari seorang nama jenderal di angkatan udara brazil pada tahun 1940an, Brigadier Eduardo Gomez.

Ceritanya ketika permen ini pertama kali diciptakan, Brigadir Eduardo Gomez sangat terkenal karena berhasil membasmi pemberontak. Makanya permen ini diberi nama sesuai nama sang jenderal untuk menghormati jasanya. Rasanya yang enak dan bentuknya yang menarik membuat permen ini sering menjadi hiasan di atas kue dan es krim.