Inikah yang di Namakan Sungai Tercantik di Dunia

Bayangkan betapa indahnya jika ada sungai yang memiliki warna yang tidak hanya satu. Seperti di Kolombia, terdapat Sungai Cano Cristales yang terlihat memiliki air berwarna-warni. Selain paling cantik di dunia, sungai ini juga punya 5 macam warna loh !

Sungai yang satu ini memang tidak bisa disamakan dengan sungai lainnya di dunia. Jelas saja, jika biasanya sungai hanya memiliki satu warna, tapi sungai ini punya 5 macam warna yang cantik. Nama sungai ini adalah Cano Cristales, tepatnya berada di Sierra de la Macarena, negara Kolombia.


Inikah yang di Namakan Sungai Tercantik di Dunia

Sungai Cano Cristales ini memang punya warna yang tidak biasa. Di dasar sungai terdapat lumut ganggang yang tumbuh subur di atas batu-batuan alam. Ganggang tersebut punya warna yang menarik, seperti merah, kuning, hijau, cokelat dan biru. Warna tersebutlah yang kemudian terlihat menghiasi permukaan air.

Maka tak heran jika sungai ini mendapatkan julukan River of Five Colors atau Rainbow River. Asyiknya lagi, air di sungai ini benar-benar jernih. Tak ada sampah atau limbah yang mengotorinya. Saat siang hari, airnya terasa sangat sejuk, sedangkan saat pagi hari air terasa sangat dingin.

Inikah yang di Namakan Sungai Tercantik di Dunia

Namun sayangnya, pemandangan indah ini tidak bisa disaksikan setiap waktu. Walaupun ganggang selalu berada di sungai ini sepanjang tahun, warna-warninya hanya muncul saat peralihan musim hujan ke musim kemarau. Hal tersebut bisa terjadi karena pada dua musim tersebut ganggang mendapatkan cahaya dan air yang cukup untuk menciptakan warna yang indah.

Walaupun sungai berada di daerah yang terpencil, sungai ini tetap menjadi primadona para pemburu pemandangan indah. Wisatawan dari berbagai penjuru dunia terlihat sering mengunjungi sungai ini. Lengkap dengan kamera andalannya, mereka datang bersama keluarga dan kerabatnya. Menikmati pemandangan sungai di tepiannya memang terasa sangat mengasyikkan.

Inikah yang di Namakan Sungai Tercantik di Dunia

Padahal dulunya kawasan ini merupakan daerah terlarang bagi wisatawan. Sungai ini sempat ditutup juga beberapa tahun karena adanya dugaan aktivitas terorisme di dekat sungai. Kemudian pada tahun 2009, Cano Cristales kembali dibuka untuk umum. Bahkan saat ini sudah banyak agen perjalanan wisata di Kolombia yang menawarkan paket traveling ke sungai ini.

Keren banget ini sungai, pasti kalian semua ingin kan pergi kesini dan tentunya mandi dong hehe ?