9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbesar Dunia

Pengembangan senjata Nuklir dimulai sejak perang dunia ke II, yang akhirnya telah menghancurkan Hirosima dan Nagasaki pada tahun 1945. Hingga sekarang beberapa negara masih berlomba – lomba untuk mengembangkan senjata nuklir untuk pertahanan negaranya. Dua negara adidaya yang sejak dulu telah saling berlomba - lomba untuk mengembangkan nuklir adalah Rusia dan Amerika serikat.

Semoga saja tidak ada orang - orang yang berusaha menyulut perang dunia III. Karena jika terjadi perang, kalian pasti bisa membayangkan bagaimana dasyatnya perang itu jika benar terjadi dengan senjata yang super canggih dan modern di zaman ini.

Berikut ini daftar 7 Negara yang paling banyak memiliki Senjata Nuklir di dunia.

1. Amerika Serikat
9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Amerika Serikat atau biasa disingkat AS ini adalah negara pertama yang telah mengembangkan senjata nuklir. Pengembangan awalnya dilakukakan pada Perang Dunia 2 dimana AS bekerja sama dengan Ingris dan Kanada dalam proyek Manhattan yang juga digunakan untuk bersaing dengan Nazi Jerman. 

Uji coba pertama kali dilakukan pada tahun 1945 dalam uji coba "Trinity", kemudian dilanjutkan dengan menjatuhkan 2 bom di Jepang lebih tepatnya di Hirosima dan Nagasaki. Saat ini negara Adidaya tersebut memiliki hulu ledak nuklir aktif sebanyak 2.150 buah yang siap di gunakan kapan saja.

Hingga saat ini Amerika Serikat sudah memiliki lebih kurangnya 20 pusat pengembangan nuklir.

2. Rusia

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Negara yang memiliki senjata nuklir terbesar selanjutnya adalah Rusia. Rusia juga menjadi saingan sekaligus ancaman bagi Amerika dan Eropa. Uji coba pertama pada tahun 1949 dengan menggunakan bom atom “RDS-1”. Rusia terus melakukan pengembangan nuklir guna untuk mengimbangi negara Eropa dan Amerika Serikat selama perang dingin. 

Sebelum Uni Soviet runtuh, Rusia memiliki hulu ledak nuklir sebanyak 45.000 buah. Untuk saat ini Rusia mempunyai 8.500 hulu ledak dan sedangkan yang aktif sebanyak 1.740 buah. 

“Tsar Bomb“, merupakan bom nuklir terbesar yang pernah diledakan Rusia pada tahun 1967. Ledakan ini berkekuatan hingga 57.000 kilo ton !. Walaupun sebenarnya direncanakan untuk mampu mencapai kekuatan 100.000 kilo ton !!. Bom nuklir terbesar kedua yang diledakan adalah Castle Bravo. Diledakan pada tahun 1954 oleh Amerika Serikat. Ledakan ini berkekuatan hingga 15.000 kilo ton.

3. Inggris

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Inggris adalah negara sekutu dari Amerika Serikat. Uji coba nuklir pertamanya pada tahun 1952 dengan nama “Hurricane”. Tujuan dari Inggris ini adalah mengembangkan teknologi nuklir sebagai senjata pencegahan terhadap Rusia. Untuk saat ini inggris mempunyai 160 hulu ledak nuklir yang aktif.

Inggris dan Amerika Serikat telah bekerjasama dengan baik di bidang keamanan nuklir sejak tahun 1958 mengadakan persetujuan kerjasama di bidang pertahanan (Mutual Defence Agreement). Ke-dua negara ini telah saling bertukar informasi dan bekerjasama dalam bidang senjata - senjata nuklir hingga saat ini.

4. China

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Tak mau kalah dengan negara maju seperi Rusia, Inggris, Amerika, dll. Cina juga mengembangkan tenaga Nuklir. Uji coba yg dilakukan pertama kali bernama "596" pada tahun 1964. Seperti halnya Rusia dan Amerika serta negara lain, China juga menandatangani perjanjian NPT. Untuk saat ini Negeri Tiongkok tersebut mempunyai hulu ledak nuklir sebanyak 250 buah sedangkan yang aktif tidak di ketahui.

China adalah satu - satunya negara pemilik senjata nuklir yang memberikan asuransi kepada negara - negara  sekitar yang tidak memiliki senjata nuklir “China tidak akan menggunakan senjata nuklir untuk melawan negara yang tidak memiliki senjata nuklir dan atau tidak akan meledakan bom nuklir di zona yang bebas senjata nuklir kapan pun dalam kondisi apa pun.”

5. Perancis

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Uji coba Perancis pertama kali dilakukan pada tahun 1968 dengan bom bernama "Conopus”. Dalam uji coba tersebut Perancis banyak di kecam dari berbagai negara sebelum akhirnya meminta maaf. Alasannya juga sama dengan China, yaitu untuk mempertahankan nama sebagai negara terkuat dan tidak mau kalah dengan negara lain.

Hingga saat ini Perancis telah melakukan sekitar 200 percobaan Nuklir, saat ini Perancis mempunyai 290 hulu ledak nuklir aktif yang siap kapanpun digunakan.

6.  India

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

India memiliki senjata nulir dan juga mampu mengirimnya melalui pesawat udara dan kapal laut. Pasukan bersenjata nuklir di india ini tengah dikembangkan. Test bom nuklir pertama dinamakan “Smilling Biddha” atau “Senyum Buddha” yang diharapkan menjadi ledakan nuklir yang damai ?
Namun setelah peledakan pada tahun 1998, India mengalami gelombang sangsi ekonomi dari Amerika, Jepang dan negara - negara lainnya. Namun sekarang India malah mendapatkan persetujuan Pakta Nuklir India dari Amerika Serikat, yang memungkinkan India memperoleh akses lebih terhadap teknologi atom milik negara barat tersebut.

7. Korea Utara

9 Negara Pemilik Senjata Nuklir Terbanyak Dunia

Sebagai sebuah negara yang memiliki gudang senjata kimia yang besar, korea utara merupakan negara pemilik nuklir yang “penuh”. Sekarang Korea Utara memiliki dua reaktor nuklir yang aktif. Dan pada tahun 2006 , tepatnya tanggal 9 Oktober, Korea Utara melakukan test nuklir pertamanya.