Bom Nuklir Terkuat Dunia Ternyata Ada di Rusia, Tsar Bomba

Bom nuklir merupakan bom yang memiliki kekuatan dahsyat yang sangat merusak sehingga dimanapun tempat yang dijatuhkan bom nuklir tersebut tidak ada kata lain selain kerusakan besar dan sama sekali tidak ada keuntungan yang di dapatkannya. Bom nuklir yang pernah menggemparkan dunia adalah bom atom Hiroshima dan Nagasaki sewaktu perang dunia II.

Tapi tau kah kalian bahwa bom nuklir terbesar didunia bukanlah yang dijatuhkan di hiroshima itu, tapi bom nuklir itu adalah "tsar bomba" yang di kenal sebagai bom nuklir terdahsyat sepanjang masa. Dampak bomnya bisa kita liat di bawah sangat luas sekali dengan perbedaan dengan bom nuklir yang di jatuhkan di hiroshima, gunung everest dan gedung pencakar langit saat ini

Bom Nuklir Terkuat Dunia Ada di Rusia

Grafik bom nuklir Tsar Bomba jika dibandingkan dengan bom nuklir yang pernah di uji coba sebelumnya.

Bom Nuklir Terkuat Dunia Ada di Rusia

Tsar Bombayang berarti Kaisar Dari Segala Bom adalah sebuah bom nuklir yang diciptakan oleh negara Uni Soviet. Tsar Bomb adalah proyek dari "Иван" (Ivan), pembuatan bom membutuhkan waktu selama 15 minggu dan diuji coba pada tanggal 30 Oktober 1961. Bom ini diuji cobakan di sekitar Pulau Novaya Zemlya, Laut Artik. Tsar Bomba memiliki berat sebesar 27 ton dan diangkut oleh pesawat TU-95 yang merupakan pesawat pengebom terbesar pada jamannya.

Ketinggian pelepasan bom adalah setinggi 34.500 feet dan sewaktu meledak memiliki daya ledak sebesar 50 Megaton TNT yang sebanding dengan seluruh bom yang meledak pada Perang Dunia 2 dan dikalikan 10.

Awalnya, Tsar Bomba direncanakan memiliki daya ledak sebesar 100 Megaton TNT tetapi dibatalkan karena berdampak luas bagi Atmosfer. Ledakan dapat terlihat sampai 1.000 km dari tempat peledakan.

Bom Nuklir Terkuat Dunia Ada di Rusia

Uji coba Bom Tsar dilakukan pada tanggal 30 Oktober 1961. Bom Tsar dibawa oleh pesawat pembom TU-95V yang dicat khusus anti panas. Bom Tsar dilepaskan dari ketinggian 10,5 kilometer dari permukaan bumi. Bom ini dilengkapi parasut khusus yang bertujuan menghambat kecepatan jatuhnya bom agar pesawat yang membawanya memiliki kesempatan untuk menjauh dari lokasi berbahaya. Bom Tsar meledak pada jam 11:32 di ketinggian 4 kilometer.

Kisaran pertama api yang ditimbulkan ledakan itu mencapai ketinggian 10,5 kilometer. Ketinggian awan jamur yang ditimbulkan ledakan Bom Tsar mencapai 64 kilometer dan lebarnya hingga 40 kilometer. Seluruh rumah yang dibuat dari bahan apapun dan berada di radius 55 kilometer hancur total.

Hawa panas yang ditimbulkan dari ledakan Bom Tsar dapat dirasakan hingga radius 270 kilometer dari pusat ledakan. Sedemikian tingginya panas yang ditimbulkan, sehingga manusia yang berada di jarak 100 kilometer, kulitnya akan terbakar stadium tiga. Gelombang yang dihasilkan dari ledakan Bom Tsar dapat dirasakan hingga jarak 700 kilometer dan kekuatannya dapat memecahkan kaca jendela hingga jarak 900 kilometer.

Ketinggian Jamur Api yang dihasilkan oleh bom ini setinggi 64 kilometer, dampak radiasi dari ledakan menyebabkan gangguan radio komunikasi selama berjam-jam. Parasut digunakan untuk mencegah bom meluncur terlalu cepat.