Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Bisa kalian bayangkan pada derajat -20oC, embun akan keluar dari napas kalian dan membuat cairan membeku bahkan dapat membuat kalian ingin batuk. di -35oC, udara akan dapat membuat kulit membeku dan dapat terancam radang dingin. Dan di -45oC akan membuat air yang sangat panas dapat diminum sekali dan berikutnya langsung membeku serta pada suhu itu, bahkan mengenakan kacamata saja sulit karena besinya akan menempel dan dapat merobek kulit


Naumun jangan berpikir musim dingin atau mandi air dingin di puncak saja udah cukup dingin, menurut kalian dimana tempat terdingin di dunia ? kutub, puncak atau yang lainnya ? oke itu masih dibumi kita, nah gimana kalo kita jalan jalan sebentar ke luar bumi buat ngeliat tempat tempat terdingin di tata surya, yang dinginnya ngelebihin puncak sama kutub utara/selatan wih. Simak di bawah ini.

1. Stasiun Vostok, Antartika - Tempat terdingin di Bumi

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Satu  tempat ini masih berada di bumi. Stasiun Vostok adalah stasiun penelitian yang dibangun oleh Uni Soviet pada tahun 1957. Vostok sendiri berarti timur, jadi Stasiun Vostok berarti Stasiun Timur. Stasiun ini pernah tercatat sebagai tempat paling dingin di Bumi dengan suhu -89,2 derajat Celcius. Bahkan mungkin penguin tidak akan bertahan dalam suhu sedingin itu.

Tempat ini terletak sekitar 3.488 meter di atas permukaan air laut. Meskipun sebagai tempat penelitian, namun stasiun ini menjadi tempat yang terisolasi mengingat suhu dingin sangat ekstrim sehingga hanya ada sekitar 13 orang yang melakukan penelitian di tempat ini. Selain itu tempat ini juga terletak di sebelah danau Vostok yang merupakan tempat misterius yang ada di dunia.

2. Kutub Mars

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Suhu kutub Mars adalah -73 derajat Celcius. Namun pada musim dingin, kutub Mars dapat mencapai suhu yang sangat dingin mencapat -125 derajat Celcius. Suhu yang sangat dingin ini menyebabkan karbon dioksida di atmosfer dan tanah Mars berubah menjadi es kering yang bisa dilihat dari luar angkasa.

Mars punya dua lapisan es kutub permanen. Selama musim dingin di salah satu kutub, lapisan tersebut diselubungi oleh kegelapan, sehingga mendinginkan permukaan dan menyebabkan 25-30% atmosfer mengembun menjadi es CO2 (es kering). Saat Matahari kembali menyinari kutub, CO2 yang membeku menyublim, sehingga menghasilkan angin kencang yang menyapu wilayah kutub dengan kecepatan 400 km/jam. Peristiwa musiman tersebut mengangkut banyak debu dan uap air yang menghasilkan embun beku dan awan cirrus besar.

3. Uranus - Planet terdingin di Tata Surya

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya


Uranus memiliki jarak rata-rata 2,88 miliar kilometer dari Matahari sedangkan Neptunus memiliki jarak rata-rata dari 4,5 miliar kilometer dari Matahari. Dengan jarak seperti itu, akan sangat mudah bagi kalian menebak planet apa yang paling dingin. Tapi jika kalian jawab Neptunus berarti kalian salah. Suhu di atmosfer Uranus bisa mencapai 49 K (−224.2 °C).

Kita selalu berpikir bahwa planet yang terletak lebih jauh dari matahari lebih dingin dari planet yang lebih dekat dari Matahari, hal ini membuat Neptunus dan Uranus menjadi sepasang misterius.

 Uranus dan Neptunus memiliki komposisi yang dipenuhi material yang mudah menguap seperti air, metana dan amonia. Karena komposisinya yang berbeda dari Jupiter dan Saturnus (komposisi Saturnus dan Jupiter terdiri dari Hidrogen dan Helium sehingga mereka disebut planet gas raksasa), maka Uranus dan Neptunus dijuluki planet planet es raksasa.

Para ilmuwan telah mengukur seberapa panas Uranus dan Neptunus dan menemukan bahwa Uranus sangat dingin dan sangat redup, tapi kenapa? Alasannya Uranus memiliki orbit miring, yang kemungkinan disebabkan oleh dampak raksasa lama, yang telah menyebabkan panas dari dalam intinya tumpah keluar ke angkasa.

4. Triton, bulan Neptunus

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya 


Triton adalah bulan terbesar Neptunus. Ia juga satu-satunya bulan di tata surya yang mengorbit planet dalam arah yang berlawanan dengan rotasi planet. Triton adalah satu-satunya bulan di tata surya kita yang aktif dalam vulkanik tetapi memiliki keanehan. Saat gunung berapi memuntahkan lava di tempat lain, vulkanisme di Triton malah memuntahkan air cair dan amonia yang langsung membeku saat kontak dengan suhu luar yang dingin.

Triton juga sangat cerah dan memantulkan banyak cahaya karena permukaannya tertutup es, tapi bukan es air. Triton adalah salah satu objek terdingin di tata surya kita. Kalian tentu pernah mendengar nitrogen cair kan? Material yang sangat dingin? Triton begitu dingin sehingga dapat membekukan nitrogen dan menciptakan lapisan es reflektif. Sampai saat ini penyebab suhu super dingin di Triton masih misteri.

5. Kawah Hermite, Bulan - Tempat terdingin di tata surya

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Kawah Hermite adalah sebuah kawah yang terletak dekat dengan kutub utara Bulan. Kawah berdiameter 104 km ini memiliki beberapa daerah yang mana matahari tidak pernah terlihat. Karena terlindungi dari sinar Matahari dalam jangka waktu yang lama, daerah-daerah itu tercatat memiliki suhu -249 derajat Celcius. Kawah Hermite pun dianggap sebagai tempat terdingin di tata surya yang pernah diketahui.

Pada malam hari di dalam suhu permukaan kawah paling dingin di daerah kutub utara dapat mencapai minus 249 derajat Celcius (26 derajat Kelvin). Bulan memiliki salah satu lingkungan termal yang paling ekstrim bagi siapapun di sistem tata suurya. Pada pertengahan hari, temperatur dapat mencapai hingga 400 derajat Kelvin (127 derajat Celcius), dan di kutubnya pada pertengahan malam, di sana bisa menjadi sangatlah dingin.

6. Nebula Boomerang, Tempat Terdingin di Alam Semesta

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Pada tahun 1995, dengan menggunakan teleskop diameter 15m yaitu Swedish ESO Submillimetre Telescope, 2 orang ahli di bidang astronomi mengemukakan bahwa Boomerang Nebula termasuk tempat terdingin di alam semesta sejauh ini. Ahli astronomi tersebut bernama Sahai dan Nyman. Mereka melakukan penelitian dengan menggunakan teleskop tersebut di Chile.

Suhu udara di Boomerang Nebula yaitu -2720C. Suhu itu hanya 10 lebih dingin daripada absolute zero. Sedangkan absolute zero merupakan titik paling rendah dari semua temperatur dan menjadi tempat terdingin. Bahkan suhu udara di Boomerang Nebula juga lebih dingin daripada latar belakang pancaran radiasi yang ditimbulkan oleh Big Bang sebesar -2700C.

Menurut 2 orang ahli di bidang astronomi itu, bentuk Boomerang Nebula menyerupai dasi kupu-kupu. Bentuk itu diyakini terjadi karena adanya angin dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 500 ribu km/jam. Angin itu juga yang membawa gas bersuhu rendah dari bintang mati di sekitarnya. Akibatnya, bintang kehilangan berat massa sekitar satu per seribu material tiap tahun selama 1.500 tahun. Kecepatan Nebula berkembang dan menjadikannya tempat paling dingin di alam semesta

7. ISS Cold Atom Laboratory

Wow, Inilah 7 Tempat Terdingin di Tata Surya

Luar Angkasa memiliki reputasi untuk menjadi sangat dingin, tapi dinginnya luar angkasa berpotensial menjadi tidak ada apa-apa dibandingkan dengan apa yang NASA sedang siapkan di satu tempat yang sangat dekat dengan Bumi. Para peneliti berencana untuk menghasilkan tempat super dingin di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari seluk-beluk mekanika kuantum.

Seberapa dingin ? Desas desus kabar ini akan menjadi tempat terdingin di alam semesta. Di hamparan luas antar galaksi, materi gas menyebar secara teratur mencapai sekitar 3 Kelvin - mendekati nol mutlak, di mana semua gerakan pada tingkat sub-atomik diyakini akan berhenti. Percobaan yang dilakukan di ISS Cold Atom Lab akan mencapai suhu serendah 100 pico Kelvin di atas nol mutlak.

NASA akan mengirimkan Cold Atom Laboratory ke ISS. Menurut laporan, ISS Cold Atom Laboratory akan mendinginkan atom hingga 1 picoKelvin atau 0,000000000001 derajat di atas absolut nol, membuatnya tempat paling dingin di alam semesta.