7 Air Mancur yang Merupakan Tertinggi di Dunia

Air mancur adalah sebuah pengaturan air yang dapat keluar dari sebuah mata air sehingga dapat memancarkan air ke udara hingga mencapai ketinggian tertentu. Air mancur juga merupakan kelengkapan sebuah kota untuk memanjakan masyarakat sekitar menjadi salah satu indikator bahwa Kota tersebut tumbuh bersinergi baik bersama dengan warganya, Banyak pula air mancur yang dibuat dengan ketinggian yang cukup luar biasa. 

Berikut ini adalah 7 Air Mancur yang merupakan tertinggi di dunia, apa sajakah itu ? Kita simak di bawah ini.

1. Fountains of Bellagio - Las Vegas



Fountain of Wealth meruapakan air mancur yang tinggi di dunia, air mancur ini mencapai ketinggian 30m, Menempati luas 1683 meter (5521 ft), dengan tinggi 13.8m (45.2 ft). Fountains of Bellagio ini terdiri dari 8.000 meter pipa, 1.200 nozel untuk mengatur arah pergerakan air air dan 4.500 lampu. air mancur ini bisa keluar hingga ketinggian 24 lantai dan dan maksimal air yang keluar dalam sekali semprot mencapai 77.284 liter.

Fountains of Bellagio juga merupakan sebuah kolam air mancur besar dengan pertunjukan yang melibatkan cahaya dan musik. Pertunjukan ini dapat dilihat dari sejumlah titik tertentu di the Strip, dari jalan dan dari bangunan tetangganya. Pertunjukan air tersebut dilaksanakan setiap 30 menit di sore dan awal malam hari, dan setiap 15 menit mulai 8 PM hingga dini hari.


2. Air Mancur Raja Fahd - Jeddah


Air mancur Raja Fahd juga dikenal sebagai Fountainnya Jeddah, air mancur ini merupakan yang tertinggi di dunia. Terletak di tepi pantai Jedda, pantai barat Kerajaan Arab Saudi. Tinggi air mancur ini adalah 1.024 kaki (853 meter) di atas Laut Merah. Air mancur king fahd's fountain ini juga salah satu air mancur yang menyemburkan air asin ke udara karna air mancur ini mengambil air dari laut merah.
Air mancur King Fahd's Fountain adalah air mancur sumbangan dari Raja Fahd untuk kota Jeddah di tahun 1980-an, Air mancur ini merupakan air mancur yang dibuat atas perintah Raja Fahd dan disumbangkan ke kota Jeddah, maka namanya adalah air mancur Raja Fahd. Air mancur ini dapat terlihat di seluruh kawasan sekitar Jeddah..ketinggian pancuran air King Fahd's Fountain berkisar antara 260 m ~ 312 m. Jika disandingkan dengan gedung bertingkat, maka ketinggian tersebut mampu menyamai gedung tertinggi di Indonesia, yaitu Raffles Hotel (260 m) dan Menara Eifel Paris (312 m). air mancur ini bisa mengeluarkan air mancur dengan kecepatan 375 km/jam


3. Trevi Fountain - Roma



Air mancur trevi fountain (roma) adalah air mancur yang bergaya Baroque Style dan memiliki banyak sekalli mitos mitos di dalam nya, jika pergi keroma tidak lengkap rasanya kalau tidak singgah ke air mancur ini, air mancur ini memiliki ketinggian 26,3 m dan lebar 49,5 m, Patung-patung tersebut bercerita mengenai “Taming of The Waters” atau cerita tentang seseorang yang menjinakan air.

Air mancur trevi fountain (roma) ini berdiri setinggi 25.9 meter (85 feet) dan selebar 19.8 meter (65 feet), Trevi Fountain (Fontana di Trevi) memiliki salah satu pahatan terindah di Italia: Neptune atau Oceanus di tengah dan dua triton, satu berusaha menjinakkan kuda yang melambangkan laut kejam, dan satu lainnya meniup kerang yang melambangkan laut tenang. Dipesan tahun 1732 oleh Clemens XII dan tiga puluh tahun kemudian penggantinya Clemens XIII menyucikannya.

Trevi menjadi juga terkenal karena adegan dalam film “La Dolce Vita” buatan Fellini, ketika Anita Ekberg bermandi larut malam di air mancur ini. Juga ada legenda yang mengatakan, bila Anda melempar koin ke Trevi Fountain, Maka kelak anda akan kembali ke Roma.


4. Gateway Gayser - Arab Saudi



Gateway Gayser adalah air mancur tertinggi kedua di dunia setelah air mancur Raja Fahd di Arab Saudi yang mencapai ketinggian 853 meter.Air mancur ini terletak di Mississippi River ,
Yang dibangun pada tahun 1995, air mancur ini menyemburkan air hingga 630 meter

Air mancur Geyser Gateway mulai beroperasi pada 27 Mei 1995, untuk membantu memenuhi visi Malcolm W. Martin menciptakan subuah landmark di East St Louis yang akan melengkapi Gateway Arch. The Gateway Geyser didirikan dengan bantuan dari Gateway Center Metropolitan St Louis ,adalah sebuah kelompok nirlaba yang didirikan oleh Martin yang setiap anggotanya mengumpulkan $ 4 juta dalam sumbangan pribadi untuk sepenuhnya membantu mendanai pembangunan geyser tersebut.

Air mancur Gateway Geyser ini didukung oleh tiga pompa 800 daya kuda, pemakaian 8.000 galon air per menit pada 250 meter per detik dengan daya dorong aksial dari £ 103.000. Air mancur memiliki sistem otomatis yang mendeteksi kecepatan angin dan menurunkan ketinggian kolam yang akan diperlukan untuk meminimalisir jatuhnya air. Ketika kecepatan angin melebihi 13 mph, air mancur secara otomatis ditutup. Geyser biasanya mendorong sekitar 1.100 galon air dengan berat £ 9.200 ke udara.


5. Peterhof Fountain - Saint Petersburg




Peterhof adalah sebuah tempat kediaman Kekaisaran yang mewah dan indah, didirikan sejak tahun 1710 oleh Peter Agung di tepi Teluk Finlandia (Laut Baltik).Air mancur ini menggabungkan beberapa istana, sejumlah taman lanskap dan kumpulan patung dan air mancur, memberinya sebutan “Versailles-nya Rusia”. 

Grand Cascade mengalir dari bawah istana menuju Laut Baltik dan merupakan salah satu rangkaian air mancur terbesar di dunia. Dari air mancur terbesar Grand Cascade, Peterhof Fountain juga dipenuhi patung emas Samson yang sedang berkelahi dengan singa, disebuah kanal mengalir melalui taman ke dermaga, dimana hydrofoil dan kapal dari St. Petersburg berlabuh.


6. Magic Fountain of Montjuic - Barcelona


Magic Fountain of Montjuic adalah sebuah permainan spektakuler warna, cahaya, gerakan, musik dan akrobat air di Barcelona. Magic Fountain of Montjuic ini Terletak di Placa d’Espanya dan National Palau, air mancur ajaib ini juga  menarik ribuan turis setiap malam,karna keindahan cahaya dari air mancur tersebut.

Magic Fountain of Montjuic Dibangun oleh perancang Carles Buigas tahun 1929 yang awal nya hanya untuk Pameran Universal Besar, hampir 3000 pekerja dilibatkan dalam proyek ini selama kurang dari satu tahun.


7. Fountain of Wealth - Singapura


Fountain of Wealth terletak di bawah tanah di dalam mal perbelanjaan terbesar Suntec City di Singapura dan terkenal karena merupakan air mancur terbesar di dunia. Simbol kekayaan dan kehidupan, desainnya didasarkan pada mandala Hindu, dan merupakan representasi simbolis kesatuan rohani, persatuan dan harmoni diantara empat ras di Singapura. 

The Wealth Terbuat dari perunggu, dan terdiri dari sebuah lingkaran dengan panjang 66 meter yang dibantu oleh empat tiang besar. Menempati luas 1683 meter (5521 ft), dengan tinggi 13.8m (45.2 ft). Air mancur ini mencapai tinggi 30 meter.