8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Di Dunia ini ada banyak manusia yang ditakdirkan sebagai Seorang Ahli Strategi yang sangat Ulung. Guna mengatur jalannya strategi peperangan dan berusaha menjatuhkan lawannya ia memiliki taktik perang jitu yang tidak di miliki oleh prajurit militer lainnya. Karna yang kita tau pada zaman dahulu terjadi banyak sekali peperangan entah itu untuk merebuk kekuasaan negara atau karena ada konflik yang mendera.

Mereka lahir dengan tangan dingin mereka yang dapat membuat sesuatu yang lemah bisa menjadi kuat sesaat. Berikut ini adalah mereka 8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia yang sampai saat ini namanya masih di abadikan bagi negaranya, siapa saja dia ?

1. Alexander III of Macedon

 8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Orang-orang Yunani memanggilnya "Alexander Agung," dan ia benar-benar pejuang yang sangat hebat, karena ia berjuang dengan total 17 Pertempuran dahsyat, dan memenangkan semua pertempuran tersebut. Dia Dia kalah jumlah dengan musuhnya, tetapi dengan keahlian militer anak buahnya tidak pernah kehilangan lebih dari 16% dari tentara mereka dalam 1 pertempuran.

Tingkat kematian 16% terjadi hanya sekali, di Issus, pada 333 SM, di mana pertempuran Alexander kehilangan 6500-7000 orang dari 40.000 personel. Musuhnya, Darius III dari Persia, kehilangan 20.000 sampai 30.000 orang .

Pada Gaugamela, dua tahun setelah Issus, ia kehilangan hanya 2,5% dari pasukannya, atau sekitar 1.100 orang dari 47.000 pasukannya. Ia mengalahkan Persia dengan spektakuler dan menewaskan sedikitnya 40.000 sampai 90.000. Tentara Persia itu terdiri dari setidaknya 100.000 orang sampai 1.000.000. Darius akhirnya bisa menggunakan seluruh pasukannya sekaligus tanpa terkendala medan, karena di Issus Alexander bertarung dengan melewati celah di pegunungan yang cukup sempit.


2. Napoleon Bonaparte

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Napoleon melakukan sesuatu yang luar biasa, pada waktu itu, tak seorang pun berpikir hal itu bias terjadi: dia menaklukkan hampir seluruh Eropa. Dengan kondisi kekurangan fisik yang dimiliki, dia bias membuktikan keberanian dan kecerdasannya.

Ketika dia berkeinginan Eropa menjadi sepenuhnya dibawah kepemimpinan Perancis, seluruh Eropa bersatu melawan dia. Koalisi ini terdiri dari The United Kingdom (Inggris Raya), Austria, Rusia, Spanyol, Portugal, Belanda, Swedia dan sejumlah negara lainnya.

Napoleon sendirian memimpin di Grande Armée dan meraih kemenangan demi kemenangan, yang paling mengesankan terjadi di Austerlitz dan Ulm. Kemenangan-Nya di Austerlitz masih dipandang sebagai kemenangan yang hebat oleh universitas militer di seluruh dunia. Napoleon kalah jumlah 72.000 prajurit melawan 92.000 prajurit musuh, tapi ia tahu bahwa koalisi Rusia-Austria (koalisi ketiga) sangat ingin menyerang dan menghancurkan dirinya.
.

3. Hannibal Barca

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Hannibal adalah putra dari Hamilcar Barca. Hannibal adalah seorang komandan militer Punic Kartago dan ahli siasat, umumnya dianggap salah satu komandan militer terbesar dalam sejarah. Ayahnya Hamilcar Barca, adalah komandan terkemuka Kartago selama Perang Punic Pertama, saudara-saudaranya yang lebih muda adalah Mago dan Hasdrubal, dan dia adalah saudara ipar ke Hasdrubal Fair.

Dia adalah salah satu pemimpin Kartago yang paling terkenal. Pencapaiannya yang paling besar adalah ketika meletusnya Perang Punic, ketika dia membawa pasukan yang mengandung gajah perang dari Iberia melewati Pyrenees dan Alps sampai bagian utara Itali. Selama invasinya di Italia, dia mengalahkan prajurit Romawi di beberapa pertempuran, termasuk yang di Trebia, Trasimene dan Cannae.


4. Thomas J. “Stonewall” Jackson

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Thomas Jonathan "Stonewall" Jackson adalah seorang jenderal Konfederasi selama Perang Saudara Amerika, dan salah satu komandan Konfederasi yang paling terkenal setelah Jenderal Robert E. Lee. Karier militer Kampanye Lembah 1862 dan pelayanannya sebagai komandan korps di Angkatan Darat Virginia Utara di bawah Robert E. Lee.

Piket Konfederasi sengaja menembaknya pada Pertempuran Chancellorsville pada tanggal 2 Mei 1863. Kematiannya adalah kemunduran parah untuk Konfederasi yang mempengaruhi tidak hanya prospek militernya tetapi juga moral tentara dan masyarakat umum.

Setelah kekalahan pertama, Jackson tidak pernah kalah lagi, dan mengalahkan Uni Soviet dalam serangan gabungan dalam tidak kurang dari 5 pertempuran sepanjang Mei-Juni awal 1862.

5. Erwin Rommel

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Rommel adalah seorang Field Marshal Jerman pada Perang Dunia II. Dia adalah seorang perwira sangat dihiasi dalam Perang Dunia I dan dianugerahi Pour le Mérite untuk eksploitasi di depan Italia. Pada Perang Dunia II, ia lebih lanjut membedakan dirinya sebagai komandan Divisi Panser ke-7 selama invasi 1.940 Perancis.

Namun, itu kepemimpinannya pasukan Jerman dan Italia dalam kampanye Afrika Utara yang didirikan legenda Fox Desert. Ia dianggap telah menjadi salah satu komandan paling terampil dari perang konflik di gurun. Dia kemudian memerintahkan pasukan Jerman menentang Sekutu lintas-channel invasi di Normandia.


6. Scipio Africanus

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Nama aslinya adalah Publius Cornelius Scipio Africanus, juga dikenal sebagai Scipio the Elder, dan Scipio Agung. Ia adalah seorang jenderal dalam Perang Punic Kedua dan negarawan dari Republik Romawi.

Ia paling dikenal untuk mengalahkan Hannibal pada pertempuran akhir Perang Punic Kedua di Zama, suatu prestasi yang membuatnya mendapatkan Africanus agnomen, julukan "Hannibal Romawi", serta pengakuan sebagai salah satu komandan terbaik dalam sejarah militer.


7. Erich von Manstein

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Salah satu komandan paling menonjol dari Jerman di Perang Dunia II angkatan bersenjata (Wehrmacht). Selama perang, ia mencapai pangkat lapangan marshal (Generalfeldmarschall) dan dijunjung tinggi oleh petugas lain sebagai salah satu strategi militer terbaik.


8. George S. Patton

8 Ahli Strategi Militer Paling Hebat Sepanjah Sejarah Dunia

Dia sekarang terkenal dengan menggunakan taktik ciptaannya sendiri yang dipatenkan Nazi a: blitzkrieg. Sebuah "perang kilat" umumnya dianggap sebagai salah satu yang mengkonsentrasikan penyerbuan oleh semua personel yang tersedia dan materi ke dalam garis musuh, memecahkan mereka, kemudian menekan dan terus maju saat musuh belum siap untuk melakukan perlawanan.