Inilah Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi

Jelang setiap musim dingin, orang-orang di negara belahan Barat biasa menghangatkan diri dengan minuman beralkohol. Namun, kebiasaan ini tidak berlaku luas di Indonesia yang semua masyarakatnya didominasi muslim. Padahal, ternyata ada bir dan champagne yang halal dikonsumsi loh.

Minuman-minuman berikut ini tidak mengandung alkohol namun tetap dapat menghangatkan badan. Dari negeri indonesia kita sendiri ada bir pletok dan bir Jawa, sementara dari luar negeri ada Taybeh Halal dan Night Orient. Cocok dinikmati saat hujan turun dengan deras !

Mau liat minumannya seperti apa, simak di bawah ini !

1. Bir Pletok

Ini Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi

Bir asal Betawi ini berkhasiat bikin tubuh segar dan bermanfaat banyak bagi kesehatan. Bahan-bahannya terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, pandan, serai, dan secang. Rasanya manis, agak pedas, beraroma harum, serta terasa hangat di tenggorokan. Bir pletok ini banyak beredar dapat dibeli di arena Pekan Raya Jakarta atau di Gang Aut, Suryakencana, Bogor.

2. Taybeeh Halal

Ini Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi
]
Palestina yang negara mayoritas warganya muslim juga punya bir nonalkohol. Taybeh Halal, nama bir tersebut, mulai diproduksi pada 2006 dan diperbaharui pada 2009. Minuman ini tak hanya populer di Palestina, melainkan juga di Jepang dan di ekspor ke beberapa negara lain.

3. Bir Jawa

Ini Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi

Tak kalah dengan orang Betawi, masyarakat Jawapun memiliki bir yang tak memabukkan. Minuman herbal yang disebut Bir Jawa ini terbuat dari rempah-rempah dan berwarna cokelat muda. Bagian atasnya berbusa seperti bir betulan, namun busa tersebut terjadi karena minuman ini dikocok. Sultan Hamengkubuwono IX pun doyan dengan minuman ini !

4. Night Orient

Ini Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi

Bir biasa dituang sebagai simbol perayaan. Kini, masyarakat muslim di Perancis juga dapat bersulang dengan champagne yang tak beralkohol. Night Orient, nama minuman ini, berbeda dengan sparkling grape juice dan rasanya mirip minuman beralkohol. Meski telah mengantongi label halal, champagne ini tetap mengundang pro dan kontra di negara tersebut.

5. Barbican

Ini Dia, 5 Macam Bir yang Halal Untuk di Konsumsi

Mendengar kata bir, anda pasti beranggapan haram untuk meminumnya. Tapi, tidak dengan bir yang satu ini. Karena berbahan baku non alkohol, dan halal untuk dikonsumsi, minuman ini sangat laku di Malaysia. Terjual 300 ribu botol setiap bulannya. Barbican, nama produk bir tersebut, terbilang fenomenal dalam hal penjualan. Majelis islam malaysia juga telah mengatakan jika produk ini sudah terjamin kehalalannya.

Itulah beberapa minuman bir yang ternyata halal untuk di konsumsi, memang sekarang ini banyak sekali minuman bir di negara kita yang berlabel non-alkohol seperti, bitang zero, guinness zero dan masih banyak lagi, akan tetapi minuman-minuman tersebut belum mendapatkan sertifikasi halal, tapi berbeda dengan 5 minuman di atas yang sudah memiliki sertifikasi halal dari pemerintah setempat.