5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Makhluk mitologi merupakan makhluk yang dikisahkan dalam sejarah maupun legenda, yang memiliki bentuk serta kemampuan magis. Setiap suku bangsa, negara dan agama memiliki makhluk mitologinya masing-masing mereka yang mereka percayai.

Agama Islam dalam Al-Quran dan hadist menceritakan tentang sosok yang dipercaya sudah muncul dan nantinya akan muncul. Misalnya sosok ‘Buraq’ yang mengantarkan Nabi Muhammad SAW menjemput perintah Shalat pada peristiwa Isra’ Mi’raj, atau sosok Imam Mahdi dan Dajjal yang nantinya akan keluar di akhir zaman.

Bagaimanakah bentuk dan kisah mereka dan siapa lagi sosok misterius yang digambarkan dalam Al-Quran dan Hadist?

Berikut ini merupakan ulasannya.

1. Buraq

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Buraq atau “cahaya atau kilat” adalah sesosok makhluk tunggangan ajaib, yang membawa Nabi Muhamad SAW dari Masjid al-Aqsa menuju Mi’raj ketika peristiwa Isra Mi’raj. Makhluk ini diciptakan Allah tebuat dari cahaya.

Besarnya melebihi keledai dan lebih kecil dari kuda. Buraq diriwayatkan menyerupai makhluk legenda seekor kuda putih yang bersayap burung berbulu. Namun diriwayat lain juga dijelaskan bahwa buraq menyerupai burung putih yang besar.

Namun Buraq tidak berasal dari jenis makhluk, namun Ia tercipta dari cahaya. Para ahli membenarkan bahwa pergerakan yang paling cepat yang mampu membawa Nabi Muhammad ke langit ke tujuh adalah cahaya. 

Dilihat dalam kamus bahasa, maka kita akan menemukan istilah “buraq” yang diartikan sebagai “Binatang kendaraan Nabi Muhammad Saw”, dia berbentuk kuda bersayap kiri kanan. Sebenarnya “buraq” itu adalah istilah yang dipakai dalam Al Qur’an dengan arti “kilat”.

2. Dabbat al-Ard

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Dabbat al-Ard merupakan binatang buas melata yang nantinya akan keluar sebelum hari kiamat dari perut bumi. Hewan melata ini akan keluar tepatnya dari kota Mekah dekat gunung Shafa. Sebelum matahari terbit dari barat.

Ia akan keluar dan berbicara dengan bahasa yang fasih dan jelas. Dabbat al-ard ini akan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Binatang itu akan memukul hidung orang kafir dengan cicin dan akan dan akan mebuat wajah orang beriman menjadi cerah dengan tongkat, sehingga Ia bisa menandakan mana orang kafir dan orang muslim.

Ibnu Juraij mengatakan bahwa Ibnu Zubair menjabarkan binatang ini dengan rinci, “Kepalanya seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa, warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta. Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus.

3. Ya’juj dan Ma’juj

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Ya’juj dan Ma’juj merupakan sebutan kepada suatu bangsa yang akan muncul di akhir zaman, yang memiliki naluri dan kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Kisah tentang kaum ini terdapat dalam ajaran agama Yahudi, Kitab Kejadian umat Kristen dan kitab suci umat Islam, Al-Qur’an.

Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

Mengenai sekelompok manusia Ya’juj dan Ma’juj dalam tradisi religius belum dapat digambarkan secara pasti bentuknya. Ada yang menyebutnya sebagai bentuk manusia, mahkluk berbentuk raksasa, suatu bangsa atau negeri.

Ya’juj dan Ma’juj juga muncul dalam banyak mitos dan cerita rakyat di banyak negara. Ya’juj dan Ma’juj adalah dua bangsa yang sangat besar jumlahnya. Mereka masih keturunan Adam, sebagaimana di jelaskan dalam hadits shahih Bukhari dan Muslim.

4. Imam Mahdi

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Imam Mahdi diceritakan akan keluar pada akhir zaman untuk menghancurkan semua kezaliman di muka bumi. Kemunculannya merupakan salah satu pertanda akan datangnya hari kiamat. Imam Mahdi merupakan manusia pilihan Allah dan akan menjadi pemimpin yang adil dan jujur menggunakan harta kekayaannya yang berlimpah untuk kemajuan umat muslim.

Imam Mahdi (Seseorang yang memandu) sebenarnya adalah sebuah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah, amirul mukminin dan sebagainya. Nama aslinya adalah Muhammad, sama dengan nabi muhammad. Bahkan nama ayahnya juga sama dengan nama Nabi Muhammad yaitu Abdullah. Jadi nama aslinya adalah Muhammad bin Abdullah.

Dalam hadist yang disebutkan di atas Imam Mahdi akan memimpin selama 7 atau 8 atau 9 tahun. Semasa kepemimpinannya Imam Mahdi akan membawa kaum muslimin untuk memerangi kezaliman, hingga satu demi satu kedzaliman akan tumbang takluk dibawah kekuasaanya.

Kemenangan demi kemenangan yang diraih Imam Mahdi dan pasukannya akan membuat murka raja kezaliman (Dajjal) sehingga membuat Dajjal keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya. 

Kemunculannya tidak disadari bahkan dirinya sendiri tidak mengetahui bahwa Ia adalah imam Mahdi. Ia akan keluar jika terjadi banyak perselisihan antar manusia dan banyak terjadi gempa, ketika baitullah akan di serang dan pasukan tersebut ditenggelamkan Allah, Seseorang akan dibaiat di antara makam Ibrahim dengan sudut Kabah dan saat Suatu pasukan yang datang dari negeri Syam menuju Baitullah untuk mengejar seorang lelaki yang dilindungi oleh Allah.

5. Dajjal

5 Makhluk Mitologi yang Terkenal Dalam Islam

Dajjal digambarkan mengalami cacat pada mata kiri, memiliki rambut keriting dan lebat. Pendapat lain mengatakan bahwa mata kanannya buta berperawakan pendek, berkaki bengkok, rambutnya keriting, buta sebelah matanya.

Dajjal merupakan sosok kafir yang sangat jahat. Ia yang membawa fitnah terbesar dalam hidup manusia dan tidak ada ujian yang terbesar selain itu dimuka bumi ini.

Keluarnya Dajjal merupakan tanda kiamat besar akan segara tiba. Nabi Muhammad SAW menjelaskan kepada para sahabatnya bahwa Dajjal akan muncul dari sebelah timur dari negeri Persia, yang disebut Khurasan..

Sebelum Dajal keluar, manusia diuji dahulu dengan kemarau dan kelaparan, serta tidak turunnya hujan dan musnahnya pepohonan selama tiga tahun berturut-turut, hewan ternak pun menjadi mati.

Dajjal akan memasuki semua negeri dengan membawa kerusakan, kecuali Makkah dan Madinah, karena kedua kota ini dijaga oleh malaikat.

Pada awal kemunculannya Dajjal mengaku sebagai umat Islam, Ia kemudian mengaku sebagai nabi dan pada akhirnya mengaku sebagai Tuhan. Makhluk ini akan dibunuh oleh Isa di kota Lud di pintu gerbang kota Palestina.