Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir

Piramida Giza merupakan rahasia sejarah terbesar hingga saat ini. Semua orang tentu ingin tahu, bagaimana bisa sebuah bangunan megah itu didirikan oleh orang-orang yang belum mengenal alat berat maupun alat transportasi super canggih. Tak herah jika piramida menjadi salah satu keajaiban dunia saat ini.

Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir
Piramida Giza, Mesir

Piramida Giza merupakan piramida yang terbesar dan tertua yang di terletak di Giza Necropolis. Satu-satunya piramida yang paling megah yang tersisa, diperkirakan dibangun pada 2560SM. Pramida yang juga disebut Piramida Fir'aun/khufu ini terdiri atas 3 bangunan setinggi 146,5 meter dan dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di sunia selama 3.800 tahun.

Hingga saat ini, teka teki tentang bagaimana piramida ini di bangun masih menjadi sebuah misteri. Dugaan yang paling kuat adalah mereka membangun Piramida menggunakan peralatan tua, pengungkit dan roda, dan juga tenaga yang dipekerjakan mencapai 100 ribu orang dengan durasi pembangunan 20 tahun.

Namun berdasarkan penelitian abad 21 ditemukan bukti baru, bahwa jumlah pekerja yang digunakan kurang dari 20 ribu orang dengan tenaga dibidang lain seperti tukang masak, dokter, pendeta dll.

Bangunan makam ini pertama kali di bangun oleh raja Fir'aun, yang mendirikan piramida paling besar di Giza sekitara 2550SM. Bangunan setinggi 147 meter ini diperkirakan menggunakan setidaknya 2,3 juta batu dengan berat 2,5 sampai 15 ton.

Piramida kedua didirikan oleh Khafre putra Fir'aun, sekitar 2520SM. Ia melengkapi makamnya dengan Sphinx, "bangunan berbentuk tubuh singa dengan kepala Fir'aun". Bangunan piramida ketiga dibangun oleh menkaure yang merupakan cucu Fir'aun sekitar 2490SM. Piramida Menkaure ini merupakan piramida paling kecil diantara 2 piramida sebelumnya.

Mengungkap Misteri Pembangunan Piramida Giza Mesir
Sphinx, Piramida Giza Mesir

Bangunan dalam piramida terdiri atas 3 bangunan. Ruang paling bawah yang tampak belum selesai dibangun disebut Ruang Ratu, Ruang Raja ada di tingkat lebih tinggi lagi. Piramida Giza ini adalah satu-satunya piramida yang memiliki jalan naik dan menurun. Bagian utama piramida terdiri atas 2 kuil untuk tempat penghormatan Fir'aun, ada 3 piramida kecil untuk istri istri Fir'aun.

Tepat di dinding Piramida ada pula naskah dan tulisan yang bisa mengungkapkan peradaban zaman Fir'aun pada dinding makan Giza. Bebatuan yang menjadi bahan pembuatan Piramida diperkirakan diambil dari berbagai wilayah disekitarnya. Ada yang dari Aswan dengan jarak tempuh 800 kilometer, atau juga di ambil dari wilayah seberang sungai Nil.

Cara tradisonal yang dilakukan bangsa Mesir Kuno adalah memotong batu lalu merendamnya. Setelah air menyerap menyebabkan batu balok melebar dan mudah pecah, lalu setelah pecah mereka mengangkutnya di atas kapal dan menyusuri sungai Nil.

Memang Piramida sampai saat ini masih menjadi misteri dunia, bagaimana bisa pada zaman dahulu belum ada peralatan canggih namun dapat membuat bangunan semegah itu ?