Inilah Misteri Lukisan Mistis Sosok Prabu Siliwangi

Indonesia juga ternyata memiliki sebuah lukisan misterius yang di percaya orang-orang sekitar mempunyai daya aura mistis, yaitu Lukisan Prabu Siliwangi. Lukisan Prabu Siliwangi saat ini berada di museum keraton kesepuhan cirebon, jawa barat.


Lukisan ini menggambarkan sosok Prabu Siliwangi yang didampingi seeokor harimau, Prabu Siliwangi merupakan pemimpin Kerajaan Padjajaran sekitar abad ke-14 dan 15. Dari pintu masuk museum, melangkahlah ke sebelah kiri untuk melihat lukisan itu. Lukisannya didominasi warna coklat keemasan dan putih.

Banyak di antara pengunjung yang melihat lukisan yang di buat pada tahun 2004 ini merasa ada aura mistis di dalmnya, bagaimana tidak mereka merasakan mata sang prabu mengikuti gerak langkah kaki mereka. Selain mata sang prabu, kakinya pun konon bisa berubah posisi sesuai arah gerak dari para pengunjung.

Ekspresi lukisan Prabu Siliwangi ini juga memberi kesan seram tersendiri. Jika kita lihat lukisan ini dari depan, ia tampak garang. Sedangkan kalau kita lihat dari samping ia tampak ramah. Menurut pelukis itu adalah efek dari lukisan, tapi tidak sedikit juga yang beranggapan hal itu sebagai bentuk 'pengawasan' dari lukisan mistis tersebut terhadap para pengunjung keraton.

Tak ayal, kisah tentang lukisan ini membuat banyak orang penasaran dan mengunjungi museum untuk mengamati lukisan karya seniman jawa barat, Riho. Konon sang pelukis melukis Prabu Siliwangi mendapatkan inspirasi dari mimpi, karena tidak ada satu pun literatur yang menggambarkan sosok Raja Jawa Barat secara jelas.

Kisah lukisan Prabu siliwangi ini memang sering dikaitkan dengan beragam peristiwa ghaib. Menurut legenda yang dipercaya sebagian orang, Prabu Siliwangi sebenarnya tidak meninggal, melainkan hanya menghilang atau yang sering disebut dengan istilah Moksa.