Misteri Si Manusia Kerdil Indonesia, The Hobbit Flores

Pada tahun 2004 lalu, sejumlah arkeolog gabungan indonesia dan australia menemukan kerangka manusia kerdil di pulau Flores, Indonesia. Kerangka tersebut setinggi kira-kira 1 meter, dengan berat 25 kilogram. Para ahli juga berkeyakinan manusia kerdil itu meninggal sekitar 18.000 tahun yang lalu.

Bagi warga Flores penemuan ini mempertegas mitos yang mereka yakini tentang Legenda Ebu Gogo, makhluk kerdil yang hidup sekitar 12.000 tahun yang lalu dan suka mencuri anak-anak. Gambaran Ebu Gogo mirip dengan penemuan The Hobbit Flores yang mempunyai tinggikurang dari 1 meter.

Misteri Si Manusia Kerdil Indonesia, The Hobbit Flores

Menurut legenda, tubuh Ebu Gogo di penuhi rambut, lengan yang panjang dan telinga yang menonjol. Ia memiliki kebiasaan berbisik saat berbicara dan suka mengikuti perkataan penduduk di sekitar mereka.

Ebu Gogo dalam bahasa Flore berarti "nenek pemakan segala", dalam mitos yang dipercaya penduduk Flores, Ebu Gogo memakan makanan mentah seperti daging, buah dan sayuran.

Diceritakan awalnya Ebu Gogo hidup berdampingan dengan penduduk sekitar, namun akhirnya para warga memburu Ebu Gogo karena kebiasaan mereka menyusup rumah penduduk dan mencuri makanan. Puncak amarah penduduk saat Ebu Gogo terbukti menculik bayi dan memakannya. Sejak saat itu para penduduk memburu Ebu Gogo hingga ke kaki gunung.

Misteri Si Manusia Kerdil Indonesia, The Hobbit Flores

Kokon Ebu Gogo mudah ditipu, para penduduk memasukkan serat kelapa ke dalam goa tempat Ebu Gogo tinggal lalu membakarnya.Sebagian Ebu Gogo berhasil melarikan diri dan sebagian lagi bertahan hidup hingga beratus tahun lamanya. Tempat itulah yang menjadi lokasi penemuan kerangka The Hobbit Flores.

Apa mungkin benar The Hobbit Flores adalah Ebu Gogo seperti yang diduga penduduk setempat ? Hal itu masih merupakan sebuah misteri.....