5 Fakta Unik dan Menarik Mengnai Orang Lampung dan Daerahnya

Selamat pagi gan… Happy Weekend…..

Kali ini saya ingin merangkum tentang fakta-fakta unik dan menarik tentang Lampung, provinsi tempat saya tinggal. Ngomongin tentang Lampung mungkin identik tentang Kopi? Gajah? Sumatera? Lada? Atau Begal? Langsung cek kebawah aja gan…

1. Kita akan kesulitan menemukan orang yang berbahasa Lampung di Lampung



Yah kita memang bakal sulit menemukan orang yang menggunakan bahasa lampung, kecuali di tempat-tempat tertentu.yaitu misalnya Kabupaten tulang bawang,menggala,mesuji dan di daerah tertentu lainnya. Karena sebagian besar warga lampung itu adalah pendatang yang berasal dari berbagai daerah di indonesia, sejarahnya dulu orang jawa yang pertama kali melakukan transmigrasi ke lampung.

Sebagian besar kota bandar lampung hanya 70% orang lampung asli dan orang jawa sekitaran 30% saja. kalau di daerah kota lampung kita sangat sulit menemukan orang yang menggunakan bahasa lampung, dan pasti malah yang kita temui berbagai macam bahasa setempat contohnya bahasa jawa, sunda, bali dan lain-lainnya.


2. Kita akan kesulitan menemukan makanan khas Lampung di Lampung sendiri


Memang benar Kita akan kesulitan menemukan restoran/ makanan khas Lampung di Lampung sendiri (bahkan mungkin tidak ada). Karena kebanyakan di daerah lampung menjual makanan dari suku-suku lain dan jarang kita menemukan makanan khas lampung yaitu seruit,seruit berkuah,geguduh dan masih banyak lainnya.

Kebanyakan orang-orang sulit mencari tempat atau letak makanan khas lampung, tetapi sobat tidak perlu bingung karna kita bisa mendapatkan makanan atau oleh-oleh lampung di toko yen-yen yang ada di teluk betung dan daerah lainnya.


3. Manusia Tertinggi Di Lampung


 Manusia tertinggi di indonesia berasal dari Lampung. Dia bernama Suparwono. Pak Suparwono Lahir di Pagelaran, Pringsewu, 4 November 1985 dan wafat pada hari rabu 22 Februari 2012 akibat sakit diare.

Sebelumnya, Suparwono diklaim setinggi 270 cm atau lebih tinggi ketimbang Kosen. Ada pula yang menyebutkan, tinggi mantan pemain salah satu klub basket di Surabaya itu adalah 271 cm.Sebelumnya, Suparwono diklaim setinggi 270 cm atau lebih tinggi ketimbang Kosen. Ada pula yang menyebutkan, tinggi mantan pemain salah satu klub basket di Surabaya itu adalah 271 cm.


4. Bendungan Terbesar Se-Asia Tenggara



 Di Kabupaten Tanggamus ada bendungan air terbesar se-Asia Tenggara yaitu Bendungan Batu Tegi. Tapi sayang kalau search di Google, dengan keyword ‘bendungan terbesar se-Asia Tenggara’ bukan bendungan Batu Tegi yang muncul, tapi Bendungan Wonorejo di Jawa Timur atau Jatiluhur di Jawa Barat.

 Padahal menurut saya Bendungan Batu Tegi adalah bendungan paling besar se-Asia Tenggara bahkan sedunia, itu kenapa, karna saya sendiri pernah berkunjung ke Bendungan tersebut, dan belum pernah berkunjung ke bendungan lain hehehehe. dan dibendungan batu tegi ini banyak sekali pemandangan indah, nah jadi sobat bisa berfoto-foto sepuasnya dibendungan batu tegi ini.


5. Kejahatan Begal di Lampung


Dan maaf, bukan rahasia umum lagi kalo di Lampung banyak sekali tindak kejahatan Pembegalan. Seperti kata Wendy, comica yang berasal dari Lampung mengatakan bahwa kehidupan di Lampung lebih extrim dari pada kehidupan di Jakarta. umumnya banyak sekali begal-begal yang keliling setiap malam untuk mencari incarannya apalagi khususnya ditempat yang sepi.

Sebagian besar daerah di lampung yang terkenal aksi kkejahatan  begalnya yaitu didaerah jabung. Kepolisian setempat kerap menyebut Kecamatan Mlinting dan Jabung lokasi aman bagi penjahat, termasuk begal sepeda motor, yang akhir-akhir ini merajalela di Jakarta dan sekitarnya. wih pasti sangat menyeramkan bukan,sobat harus waspada kalau melewati daerah jabung kalau bisa jangan sendirian melintasi daerah jabung kalau tidak mau terkena begal.