Tempat-Tempat Pariwisata Yang Menarik di Provinsi Lampung

Wisata ? berbicara tentang wisata wisata yang ada di indonesia tak akan ada habisnya karena di indonesia sangat banyak bahkan sampai ribuan tempat wisata di beberapa kota misalkan jakarta dengan menara monumen nasionalnya bali dengan pantai kutanya palembang dengan jembatan amperanya dan masih banyak lagi.

Nah sekarang bagi kalian yang ingin berlibur di Provinsi Lampung kami akan ulas beberapa tempat wisata unik sekaligus menarik di Provinsi Lampung.

Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi yang satu ini yakni Lampung. Letaknya yang strategis di ujung pulau Sumatera dengan Ibukota Bernama Bandar Lampung atau di sebut juga sebagai kota tapis Berseri. pada sebelah utara berbatasan langsung dengan Provinsi bengkulu dan juga Sumatera Selatan.

Bukan hanya pada segi adat dan budaya saja yang memiliki corak tersendiri pada provinsi Lampung ini. Namun puluhan tempat wisata di Lampung patut anda kunjungi, dengan menyuguhkan nuansa alam yang asri serta keindahan yang membuat anda tidak akan pernah lupa dan tak ingin beranjak dari wisata tersebut. bagi anda yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata di Lampung dan sedang mencari Informasi tersebut, kami telah menyediakan berbagai Pilihan Wisata yang bisa anda jadikan pilihan terbaik berwisata, Lets Go!

1. Menara Siger



Ketika anda sampai di pelabuhan Bakauheni dan menatap salah satu gunung pasti akan melihat sebuah bangunan yang berwarna kuning keemasan. Ya itu merupakan sebuah menara siger yang juga merupakan salah satu ikon Provinsi Lampung. Menara Siger ini sangat terlihat cantik berdiri di atas bukit yang juga merupakan Titik Nol dari sebuah jalan di lampung yakni Lintas Sumatera. Nah, bagi anda yang ingin menikmati keindahana bangunan ini dan bisa melihat pemandangan dari atas bukit tentu anda harus membeli tiket masuk atau biaya parkit kendaraan bermotor. Tenang saja harganya pun sangat terjangkau bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan laut dan gunung yang eksotis namun tidak menguras buget liburan anda


2. Gunung Krakatau



ini merupakan tempat wisata yang letaknya di Selat Sunda. Gunung Krakatu bukan hanya menyuguhkan keindahan pegunungan namun juga bisa manjadi salah satu tempat wisata bahari. Menurut sejarahnya Gubung Krakatu ini meletus pada tahun 1883 yang memisahkan antara pulau Sumatera dan Jawa. Dan sekarang Gunung Krakatu telah menjadi tempat konservasi alam, sehingga untuk bisa masuk ke lokasi anda harus memiliki izin, dan untuk mendapatkannya bisa anda peroleh di balai konservasi Lampung. namun wilayah Gunung Krakatau termasuk keadalam Provinsi Banten namun untuk masuk ke taman wisata ini kalian bisa melalui Provinsi Lampung


3. Taman Wisata Lembah Hijau



Tempat wisata ini bisa di katakan masih baru karena mulai beroperasi para tahun 2006. yang memiliki lahan seluas 30 Hektar, Konsep yang di suguhkan tempat wisata ini adalah cagar alam, budaya, dan adat. disini anda bisa menikmati berbagai tempat rekreasi atau permainan air seperti kolam renang, dan kebun binatang mini, sehingga bisa anda jadikan salah satu tempat favorit anda bersama keluarga anda.

Untuk bisa menikmati berbagai keindahan taman satwa dan taman rekreasi anda harus memiliki tiket masuk yang bisa anda dapatkan dengan harga 10,000 Rupiah /Orang. Kemudian jika ingin menikmati permainan air seperti kolam renang harus membeli tiket lagi dengan harga Rp 35,000 Rupiah per orang. dimana lagi tempat refresing,belajar sekaligus bermain pasti akan seru jika kalian yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak pasti akan senang anak anda di ajak bermain di sini.


4. Pantai Sari Ringgung



Pantai ini memang masih baru karena mulai di buka tahun 2015, untuk lokasinya cukup memakan waktu 1 jam dari kota bandar lampung. Yang menarik dari Pantai ini adalah adanya Pasir Timbul yang memang secara alami berada di tengah lautan. berbagai fasilitas serta wahana yang seru bisa anda mainkan seperti boat, cafe resto, krakatau view, lapangan volly pantai dan masjid apung. Untuk bisa sampai ke Tempat Pasir timbul anda bisa menyewa Perahu yang bisa di temukan dengan mudah di Dermaga.dan juga jangan lupa mengunjungi masjid apung yang ada di pantai ini sangat menarik bukan?.


5. Teluk Kiluan




Teluk Kiluan sudah menjadi tempat yang sudah banyak di kenal di luar provinsi Lampung sendiri. Karena dengan mengunjungi Kiluan anda akan merasakan pengalaman yang unik, pasalnya anda bisa bertemu lumba-lumba dari dekat di habitatnya langsung. Bukan hanya itu saja, anda disini akan di suguhkan keindahan pantai yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Sangat cocok untuk berbagai kegiatan Camping atau lainnya. Lumba Lumba tersebut dibiarkan bebas di habitatnya namun ketika perahu kalian mendekat kerumunan Lumba Lumba tersebut akan membentuk barisan dan akan lompat keluar dari air jadi kapan lagi melihat wisata lumba lumba asli di habitatnya?.


6. Taman Nasional Way Kambas



Salah satu tempat wisata selanjutnya yang patut anda kunjungi adalah Taman Nasional Way Kambas. Wisata ini bisa anda jadikan sebagai Wisata Edukasi bersama keluarga anak, Karena di sini anda akan bisa melihat langsung hewan terbesar yang memiliki belalai ini dan hidup di area yang sangat luas.

Selain itu anda juga bisa melihat Hewan lainnya yang memang sudah terancam punah seperti Harimau sumatera dan badak sumatera. berbagai atraksi gajah bisa anda nikamti seperti sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lain. untuk bisa sampai ke lokasi bisa di tempuh sekitar 2 Jam dari kota bandar lampung. Pasti anak anda senang deh, berwisata edukasi di tempat ini.


7. Danau Ranau



Bukan hanya terkenal akan pantainya saja, ternyata Lampung memiliki Danau yang sangat indah bernama Danau Ranau. Bahkan Danau Ranau ini adalah Danau terbesar kedua setelah danau toba. Lokasinya sendiri memang terbilang cukup jauh di perbatasan Sumetera selatan dengan lampung.

Disini anda bisa menikmati keindahaan Danau yang sangat indah, namun anda juga bisa menginap serta memandangi Indahnya Danau Ranau ini dari Puncak Gunung Seminung. pastinya keren untuk dijadikan spot foto untuk profil Instagram atau Facebook kalian.Dan sedikit informasi danau ini terbesar kedua di Indonesia setelah danau Toba di Sumatera Utara


8. Sumber Air Panas Way Belerang Kalianda



Salah satu tempat Eksotis yang berada di selatan Lampung yakni Way Belerang yang menyajikan tempat wsiata pemandian air panas yang bersumber dari air belerang yang langsung keluar dari sela-sela bawah kolam. terdapat juga sumber air pasana yang langsung terjun dari gung rajabasa kalianda lampung selatan. Untuk bisa mencpai lokasi dari bandar lampung hanya membutuhkan waktu sekitar 2 Jam untuk menempuh jarak 65 KM

Lebih tepatnya lokasi Way Belerang ini berada di lereng gunung Rajabasa, yang menghadirkan suasana sejuk, dengan banyak pepohonan tehampar hijau


9. Pulau Kubur



Jika mendengar nama pulau ini memang terlihat Horor, tapi sebenarnya pulau ini memiliki pesona alam yang menjadi tujuan terbaik bagi anda yang memiliki Hoby memancing. Menurut warga sekitar asal muasal di beri nama pulau kubur karena Pulau ini dahulu di gunakan untuk penaburan abu jenazah. Untuk lokasinya di Teluk Lampung, untuk bisa mencapai lokasi anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu. Pada hari kerja atau hari bisa Pulau Kubur ini relatif sepi, namun ketika hari libur seperti sabtu dan minggu sangat ramai dan di dapati oleh berbagai wisatawan untuk memancing. Jelas menjadi lokasi memancing paling strategis karena disini anda bisa mendapatkan ikan dengan jumlah yang banyak, pasalnya disini terdapat karang besar yang menjadi habitat bagi para ikan.


10. Taman Wisata Bumi Kedaton




Di lokasi wisata bumi kedaton ini anda bisa merasakan keindahan bernuansa hiaju dengan perkampungan yang berada di Perbukitan. Selain itu sekitar Wisata Bumi kedaton ini terkenal dengan beberapa penghasil buah seperti durian, manggis, duku, pisang, dan palawija. Lebih tepatnya terletak di Kampung Batu Putu, Teluk Betung Bandar Lampung yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 Menit dari kota Bandar Lampung.

Menjadi lokasi wisata dimana tersedia berbagai fasilitas rekreasi keluarga yakni rumah khas Lampung bertiang sangat ideal bagi anda bersama keluarga yang ingin bersantai. Kemudian beberapa hiburan lainnya anda dapat melihat atraksi gajah dan pengunjung di perbolehkan untuk menaiki gajah tersebut berkeliling di area lokasi wisata. Bisa di bilang Wisata Bumi Kedaton ini termasuk dalam kategori taman satwa dimana anda dapat melihat berbagai kekayaan fauna sumatera.



11. Muncak Teropong Laut



Ya sesuai namanya muncak tempat wisata satu ini berada di puncak sebuah pegunungan yang masih asri dengan view pemandangan perkotaan serta laut lampung yang menjadi daya tarik wisata ini jangan khawatir akan jalan menuju taman wisata ini sangat mudah cukup 30 menit dari kota bandar lampung dan jalan menuju tempat wisata ini sudah di aspal dengan bagus karena dikelola dengan baik oleh warga sekitar,

jika kalian membawa kendaraan bermotor atau pun mobil warga sekitar telah menyediakan tempat parkir dengan hanya membayar parkir kendaraan bermotor 5.000 rupiah mobil 10.000 rupiah untuk tiket masuk wisata hanya cukup membayar 10.000 / orang


12. Water Park Citra Garden



Beralih ke wahana permainan yang mana salah satu lokasi Water Park yang cukup terkenal di Bandar Lampung adalah Water Park Citra Garden yang memang lokasinya berada di perumahan elit Citra Garden,Bandar Lampung. Dengan lokasi yang berada di Perbukitan membuat wisata ini menjadi lebih indah. Karena wisata ini adalah Water Park dengan menyajikan berbagai permainan air seperti waterboom, waterpark dan masih banyak lagi wahana lainnya.

Jam buka Water Park Citra Garden ini buka pada hari Rabu Jumat pukul 10.00 - 18.00, jika pada hari minggu buka lebih awal yakni pada pukul 08.00 - 18.00. Bagi anda yang berniat tidak ingin membawa makanan dari rumah tak perlu khawatir karena disini sudah tersedia berbagai fasilitas kuliner seperti kafetaria.


13. Penangkaran Badak Sumatera – Way kanan



Umumnya disebut Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang lokasinya berada di Propinsi Lampung atau lebih tepatnya berada diantara 4°37′ – 5°16′ derajat lintang selatan dan 105 33′ -105 54′ derajat bujur timur dan berbatasan langsung dengan pantai bagian selatan pulau Sumatera arah pulau jawa. Dinamakan sebagai penangkaran Badak Sumatera anda bisa melihat bagaimana proses penangkaran badak Sumatera tersebut dan anda bisa langsung melihat badak langsung dari Habitatnya. Sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan perjalanan wisata edukasi sambil berlibur dan belajar.


14. Pantai klara



Salah satu pantai yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Klara,pantai aman yang bebas dari tindak kriminal karena di kelola oleh TNI-AL yang sebelumnya bernama Teluk Baru. Nama Klara adalah sebuah singkatan dari kelapa rapat sekitar tahun 1982-1984. Seperti namanya Pantai ini di penuhi dengan Pohon kelapa, yang membuat rapat adalah jarak antara pohon satu dan lainnya hanya berjarak 3M yang hanya memiliki luas kebun 5 hektar.

perjalanan indah karena di perjalanan kalian akan naik turun gunung serta lembah bercanda hehe diperjalanan seperti menaiki gunung karena banyak tanjakan serta turunan yang menyugukan alam yang indah


15. Pantai Mutun dan Pulau Tangkil



Lampung memang ada banyak sekali pilihan wisata Pantai yang indah, untuk urutan ke 15 yakni Pantai Mutun dan pulau Tangkil hanya berjarak 10km dari kota bandar lampung, lokasinya di kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran Lampung. Beberapa Fasilitas lengkap bisa anda dapatkan disini seperti Pondokan, Perahu Cano, Water boom, Banana Boat, dan Resto.

Selain itu anda bisa menikmati keindahan di pulau Tangkil dengan menggunakan Perahu menuju Pulau tersebut biayanya murah yakni hanya Rp 10.000 /orang. di Pulau tangkil ini pun anda bisa berenang di pantai dengan air yang bersih dan jernih dengan udara pantai yang sangat sejuk.


16. Tanjung Putus, Pulau Tegal, Maitem







Tanjung putus, pulau tegal dan maitem yang merupakan ketiga tempat tersebut area Spot penyelaman yang paling keren yang ada di Lampung. di ketiga tempat ini pun ada memiliki palung dalm serta memiliki terumbu karang yang indah dengan di buni Ikan Neon yang cantik sebagai penghuninya.

Sangat tidak di anjurkan untuk membawa Anak-anak ketika mengunjungi tempat wisata ini karena berbahaya, hanya beberapa meter saja dari bibir pantai palung tersebut berada.

Keseruan bisa anda rasakan disini, karena daya tarik tersendiri yang tidaka akan ana temukan di tempat lain. Wajar saja di tempat ini tidak pernah sepi pengunjung baik dari wistawan lokal ataupun mancanegara.


17. Air Terjun Way Lalaan



Menurut sejarahnya Air Terjuan Way Lalaan ini sudah di kenal sejak tahun 1937 atau masih dalam pemerintahan kolonial belanda yang telah di buatkan tangga yang masih berfungsi sampai sekarang untuk mempermudah menuju lokasi air terjun.

Air Terjun Way Lalaan letaknya berada di kaki Gunung Tanggamus yang menyuguhkan air terjun bertingkat dengan jarak sekitar 200m. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 11m. Untuk lokasinya di Desa Pekon Kampungbaru, Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jika anda dari kota agung menuju lokasi hanya berjarak 8km dan dari kota bandar lampung pengunjung dapat menempuh jarak sekitar 80 Km dengan jangka waktu perjalanan sekitar 2 Jam perjalanan namun jangan khawatir karena di perjalanan kalian akan di suguhkan pemandangan indah seperti sawah pegunungan gimana masih ragu ke taman wisata ini?

18. Bendungan Batu Tegi



apakah kalian tau bendungan terbesar di Asia Tenggara? ya di provinsi lampung lah tempatnya!
Bendungan ini merupakan yang paling terbesar se asia tenggara yang di fungsikan untuk PLTA. Lokasi dari bendungan batu tegi ini berada di Kabupaten Tanggamus, lebih tepatnya di Talang Padang. Untuk menuju lokasi bisa sangat mudah karena tidak jauh dari kota bandar lampung hanya sekitar 2 jam saja, gimana sudah terbayang besarnya bendungan ini? sampai sampai menjadi bendungan terbesar di Asia Tenggara

Ingin menikmati keindahan alamnya? jangan khawatir karena disini pengunjung bisa menyewa perahu yang disediakan di dermaga sekitar. Bagi kalian yang memiliki hoby memancing jangan khawatir disini juga disediakan tempat memancing bagi para pengunjung


Nah jangan lupa abadikan keseruan kalian dan share ke sosial media yang kalian punya seperti Instagram, Facebook, Path, dll ajak juga sahabat, keluarga, pacar, gebetan kalian yang belum pernah mengunjungi Provinsi Lampung karena banyak keseruan dan menambah wawasan pastinya seru! semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian terima kasih.