Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Setiap orang pasti memiliki hobi dan kesenangan tersendiri sudah jadi hal yang sangat lumrah. Ada yang suka mendengarkan musik, membaca buku cerita, jalan-jalan, merenda, atau bermain musik. Hobi menjadi sebentuk ekspresi yang tak hanya menjadi pusat kesenangan pribadi, namun juga bisa menjadi cara terbaik untuk menggambarkan jati diri kita.

Namun adakalanya ada beberapa orang memiliki hobi yang aneh, coba simak daftar ini, ada beberapa orang di belahan negara dunia ini yang mungkin bisa dibilang lain daripada yang lain dengan hobi yang mereka pilih. Dan bisa jadi, sebagian hobi dalam daftar ini kita anggap mengada-ada. Hobi apa saja itu, simak di bawah ini !

1. Toy Voyaging

 Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Singkatnya, Toy Voyaging adalah mengirim mainan kesayangan ke tempat-tempat terkenal di seluruh dunia. Biasanya kemudian secara khusus meminta bantuan atau jasa agar diambilkan gambar foto mainan kesayangan itu dengan latar obyek yang identik dengan lokasi tujuan tersebut.

Meski terdengar aneh, namun hobi ini cukup banyak peminatnya. Bahkan ada website bernama ToyVoyagers, yang memberikan jasa rumah persinggahan sementara untuk mainan yang dikirim oleh para pehobi Toy Voyaging ini. Tak tanggung, website ini melayani jasa ke berbagai lokasi di seluruh dunia. Selain mengirimkan mainan ke lokasi-lokasi tertentu, umumnya para pehobi Toy Voyaging juga menyewa jasa untuk mengirimkan surat dan foto mewakili mainan itu dari lokasi tujuan. Sesuai dengan kesepakatan, mainan kemudian dikirim kembali pada pemiliknya. 


2. Extreme Ironing, Inggris

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Yang ini adalah hobi melakukan kegiatan menyetrika pakaian atau kain di lokasi-lokasi yang tidak umum. Salah satu pehobinya adalah seorang penduduk Inggris bernama David Fitzgerald. Dalam hobi extreme Ironing yang ia lakoni, Petugas Kesehatan Lingkungan dari kota Chichester ini pernah ambil bagian dalam Kejuaraan Dunia yang diadakan di dekat Munich di Jerman. Dimana peserta adu kebolehan menyetrika baju diatas aliran air sungai yang mengalir deras. Kegiatan Extreme Ironing ini bermula pada tahun 1997 di Leicester Inggris. Beberapa kegiatan terkait hobi ini yang pernah dilakukan adalah menyetrika di pegunungan, di helikopter, bahkan menyetrika sambil terjun payung.


3. Competitive Dog Grooming, China

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia 

Yang ini lebih bisa dimengerti, yaitu hobi mencukur bulu anjing dan meriasnya se-apik mungkin. Hobi ini mirip kegiatan perawatan anjing yang lebih eksentrik dan kreatif. Komunitas pehobi ini banyak terdapat di China. Terdapat kompetisi berhadiah setara 350 Juta Rupiah bagi anjing dengan penampilan paling nyentrik. 


4. Mooing, USA

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Ini adalah hobi menirukan suara lenguhan sapi. Di Wisconsin, Amerika Serikat, komunitas pehobi Mooing menggelar kompetisi dimana peserta saling unjuk kebolehan menirukan suara sapi. Pemenang terbaru adalah seorang anak sepuluh tahun bernama Austin, yang menerima USD 1.000, jaket kulit, dan lonceng sapi emas sebagai hadiahnya. 


5. Train Surfing, Jerman

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Hobi ini berupa kegiatan melakukan perjalanan dengan kereta api, namun menumpang dibagian atap kereta. Selain merasakan tiupan angin, pehobi juga menikmati sensasi bertualang diatas gerbong kereta, misalnya saat memasuki terowongan, loncat dari atap kereta, atau berdiri di pintu kereta selama perjalanan. Kegiatan ini dimulai di Jerman pada tahun 80-an, dan menjadi hobi yang sangat bersinggungan dengan resiko bahaya. Lebih dari 40 orang pehobi di Jerman meninggal pada 2008. Karena resikonya, kegiatan hobi ini dianggap terlarang dan digolongkan mengganggu ketertiban umum.


6. Tato Kendaraan, Taiwan

 Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Hobi ini bermula dari kegiatan kelompok pensiunan Taiwan, yang gemar membuat gambar, kata-kata atau teks-teks Buddhis ke bodi mobil. Hobi yang berdekatan dengan hobi merias mobil ini kemudian tersebar ke berbagai wilayah di Taiwan.


7. News Bombing, Inggris

 Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Hobi ini bisa dianggap kegiatan iseng oleh banyak orang, yaitu muncul di belakang seorang presenter yang sedang melaporkan kejadian berita secara langsung dari lokasi. Salah satu pelaku hobi ini adalah seorang bernama Paul Yarrow, ia kerap muncul dalam siaran BBC, ITV, Channel 4 dan Sky News secara acak. Dia mengklaim bahwa tujuannya adalah untuk membuat stasiun TV benar-benar selektif memilih penyiar dan hanya menampilkan sosok yang menarik di layar kaca. Namun secara lebih mendalam, hobinya itu adalah sebentuk kritik bagi pemberitaan yang kerap tidak sesuai fakta, mewakili kepentingan kelompok tertentu dan membodohi masyarakat.


8. Mengumpulkan Bulu Pusar, Australia

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia 

Pria Australia bernama Graham Barker menjalani hobi mengumpulkan dan menyimpan bulu pusarnya sejak tahun 1984. Kini, ia sudah mengumpulkan sekian banyak bulu dengan berat seluruhnya mencapai 22,1 gram.


9. Koleksi Pil Ekstasi, Belanda

 


Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia


Pada tahun 2009, seorang pria menelepon Pihak Kepolisian Belanda untuk melaporkan pencurian barang koleksinya. Laporan ini kemudian menjadi pemberitaan, karena koleksi yang hilang itu adalah 2.400 tablet ekstasi dengan warna dan jenis yang beragam.

Ia menyimpan koleksi itu dalam folder koleksi koin. Setelah pemberitaan, kemudian diketahui ternyata hobi ini dilakoni cukup banyak orang di Belanda. Dalam kejadian pencurian tahun 2009 itu, kolektor lapor ke Polisi karena khawatir koleksinya membahayakan orang, karena sebagian pil dalam koleksinya sudah kadaluarsa.


10. Mengumpulkan Kantong Muntahan Pesawat, Singapura

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Maskapai Penerbangan menyediakan kantong kertas dengan penjepit bagi penumpang yang mengalami mabuk perjalanan. Karena tiap maskapai membuat jenis kantong sendiri, ini mengundang ketertarikan banyak orang untuk mengoleksinya.

Bahkan ada situs yang menjual atau memfasilitasi saling tukar kantong muntahan antar sesama pengumpul. Kolektor kerap disebut “Baggist”, dan salah satu ‘Baggists’ asal Singapura pernah muncul dalam liputan media dan menyatakan memiliki 388 kantong muntahan yang ia kumpulkan dari 186 penerbangan yang pernah ia tempuh.


11. Bug Fighting, Jepang

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Hobi ini berasal dari Jepang, sama seperti mengadu jangkrik di Indonesia, di Jepang ada juga yang hobi mengadu jenis serangga tertentu. Mereka memasukkan serangga ke dalam arena plastik kecil untuk diadu. Ada juri yang mencatat perkelahian layaknya pertandingan tinju, juga juru rekam yang merekam video. Beberapa rekaman video kerap di upload secara online bagi sesama pehobi. 


12. Fork Bending, Jepang

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia 

Ini adalah hobi lainnya dari Jepang. Pehobi melakukan kegiatan latihan fisik dan mental yang pada akhirnya bertujuan agar memiliki kemampuan membengkokkan sendok dengan pikiran, atau setidaknya dengan sedikit sentuhan fisik, seperti banyak di praktikkan oleh para pesulap.


13. Ball Paint, USA

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Seorang pria Amerika bernama Mike Carmichael memulai hobinya ini pada tahun 1977. Mulanya ia melukis bola bisbol. Hobinya ini terus berlanjut dengan berbagai jenis bola yang lain. Bahkan ia pernah melukis bola seberat 3500 pon yang kini sudah dilapisi sebanyak 22, 894 kali dengan berbagai warna cat. Bola ini kemudian menjadi objek wisata lokal. Bagi yang ingin ikut membubuhkan cat, harus mengikuti aturan dimana lapisan warna terbaru harus berbeda dengan warna sebelumnya.


14. Hikaru Dorodango, Jepang

Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia 

Hikaru Dorodango adalah hobi membentuk gumpalan tanah liat atau lumpur menjadi bola, kemudian melapisinya dengan debu atau tanah, dan mengulangi proses itu dari awal. Ini adalah hobi tradisional anak-anak di Jepang.


15. Mengukir Sabun, Thailand

 Inilah 15 Hobi Unik dan Aneh Dari Berbagai Negara Dunia

Di Thailand, sangat umum didapati hasil ukiran tangan pada media berbagai jenis sabun batangan. Hasil ukiran juga kerap dijual sebagai hiasan di pasar-pasar malam. Sebagai hobi, kegiatan mengukir sabun dipandang sama dengan hobi seni lainnya. Orang Thailand yang melakoni hobi ini juga kerap memberikan kreasi mereka sebagai hadiah pada sanak keluarga.