Ini Dia 7 Jalan Tol Terpanjang Indonesia

Bagi kalian  yang sering menggunakan jalan tol atau bagi kalian yang sering menghindari kemacetan kalian pasti lebih memilih menggunakan jalan tol ketimbang jalan umum. Seperti yang kita ketahui kemacetan merupakan masalah besar di banyak kota besar di Indonesia, baik motor maupun mobil bahkan angkutan umum saling sikut di jalanan.

Untuk mengurangi dan mengatasi masalah kemacetan tersebut, pemerintah Indonesia sudah banyak membangun jalan tol yang di khususkan untuk kendaraan roda empat. Dalam awal pembangunannya, jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia adalah jalan tol Jagorawi yang di bangun pada tahun 1973 untuk menghubungkan Jakarta, Bogor dan Ciawi. Kemudian disusul dibangunnya beberapa jalan tol lainnya. Sampai sekarang, Indonesia sudah mempunyai kurang lebih 35 jalan tol yang saat ini masih terpusat di pulau jawa.

Namun pada pemerintahan kali ini pemerintah sudah banyak sekali membangun tol di luar pulau jawa, dengan adanya pembangunan tol trans sumatera, tol kalimantan dan tol papua yang saat ini sudah mulai berjalan pembangunannya. Semoga dengan banyak pembangunan jalan tol ini perekonomian indonesia bisa lebih cepat maju.

Tapi tahukah kalian tol manakah yang menjadi terpanjang saat ini yang berada di indonesia, berikut admin rangkum dalam 7 Jalan Tol Terpsnjsng di Indonesia, simak ulasan di bawah ini.

1. Tol Cikopo Palimanan



Jalan tol Cipali adalah jalan tol terpanjang di Indonesia yang sudah di bangun dan diresmikan pada bulan Juni 2015 lalu, dengan panjang kurang lebih 116,75 km. Jalan tol ini melintasi daerah Cikopo, Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon dan Palimanan.

Jalan tol ini juga merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten sampai Banyuwangi, Jawa Timur. Diyakini, jalan tol ini bisa mempersingkat jarak tempuh sejauh 40 km dan memotong waktu kurang lebih 1,5 jam dibandingkan melewati jalur Pantura.


2. Tol Jakarta - Merak



Jalan tol Jakarta-Merak selesai dibangun pada tahun 1084 yang melintasi Kota Jakarta bagian barat, Serang, Tanggerang, dan Kota Cilegon. Jalan tol ini memhubungkan Jakarta dengan Pelabuhan Merak dengan panjang kurang lebih 98 km.

Jalan tol ini terbagi menjadi dua yaitu ruas Jakarta - Tanggerang dikelola oleh PT. Jasamarga (km 0 sampai dengan km 26,3) dan ruas Tanggerang - Merak dikelola oleh PT. Marga Mandalasakti (km 26,3 sampai dengan km 98).

Jalan tol ini umumnya digunakan oleh warga Jakarta dan sekitarnya untuk menyeberang ke pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak. Di jalan tol ini diwajibkan berhati-hati dan waspada dalam berkendara, karena banyak truk bermuatan besar melintas, truk ini umumnya mengirim bahan pokok menuju luar Jawa.


3. Jalan Tol Jakarta - Cikampek



Jalan tol terpanjang di Indonesia nomor dua ditempati Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Mulai beroperasi semenjak tahun 1988, jalan tol ini dirancang sepanjang total 83 kilometer, termasuk jalan akses. Serta melintasi Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta.

Kalau kalian melewati jalan tol ini, kalian akan disuguhi pemandangan persawahan panjang yang sejuk khas orang Sunda, ditambah lagi di beberapa titik jalan tol ini terdapat tempat kalian beristirahat.


4. Jalan tol lingkar luar Jakarta



Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau disebut juga Jakarta Outer Ring Road (JORR) merupakan rangkaian jalan melingkar di luar kota Jakarta yang sudah terkenal sejak awal tahun 1990 an. Jalan tol ini menjadi penghubung warga Tanggerang dan Jakarta menuju Bekasi dan beberapa kota lain di daerah Pantura.

Tapi sekarang JORR terbagi menjadi tiga bagian yaitu ruas Ulujami - Rorotan yang dikelola oleh PT. Jalan tol Lingkar Luar Jakarta, Kembangan - Penjaringan dikelola oleh PT. Jakarta Lingkar Baratsatu sedangkan Kembangan - Ulujami dikelola oleh PT. Marga Lingkar Jakarta.


5. Tol Padalarang - Cileunyi



Jalan Tol Padaleunyi adalah jalan tol lanjutan dari Jalan Tol Cipularang. Jalan tol ini adalah jalan lingkar selatan Bandung. Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan Jakarta dengan Bandung tetapi juga Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur Melalui Jalan Nasional Rute 3. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Jalan tol ini adalah bagian Jalan Tol Trans Jawa


6. Tol Jakarta - Bogor - Ciawi



Tol Jagorawi merupakan jalan tol yang dibangun pada 1975 dengan dana pemerintah dan pinjaman luar negeri ini merupakan tol pertama di Indonesia. Jalan Tol Jagorawi terbentang sepanjang 59 kilometer (termasuk jalan akses) dari Jakarta sampai Ciawi, Jawa Barat.


7. Tol Cikampek - Purwakarta - Padalarang




Jalan Tol Cipularang berada di Jawa Barat dan dibangun selama tiga tahun sejak 2003 hingga 2005. Jalan tol ini menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung Panjangnya mencapai 58,5 kilometer.

Jalan tol juga merupakan jalan tol terpadat di Indonesia, sebab menghubungkan dua kota besar di Indonesia yaitu ibu kota DKI Jakarta dengan kota Bandung. Apabila tidak terjadi macet, perjalanan Jakarta ke Bandung dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam.

Walaupun begitu, diwajibkan selalu waspada dan hati-hati dalam berkendara di tol Cipularang ini, karena selain sering terjadi kecelakaan juga jalan tol ini berada di daerah pengunungan dengan jalan naik turun dan juga banyak mempunyai jembatan.