Inilah Tempat Pelabuhan Termegah yang Ada di Indonesia

Pelabuhan adalah tempatnya kapal-kapal yang bersandar baik untuk penumpang maupun peti kemas. Kamu pasti tahu kalau di Indonesia merupakan Negara kepulauan yang sebagian besarnya adalah perairan yang luas. Sehingga setiap sudut pulau di Indonesia memiliki banyak pelabuhan untuk kapal-kapal tersebut untuk bersandar.

Pelabuhan di indonesia banyak sekali yang mengesankan, bagaimana tidak. Karena setiap pulau mempunyai pelabuhannya sendiri yang terlihat begitu megah jika di pandang melalui laut, tidak heran apabila Indonesia mempunyai banyak sekali pelabuhan.


Nah disini saya akan memberikan 8 pelabuhan populer yang yang termasuk bagian pelabuhan termegah yang ada di Indonesia, berikut kita simak ulasannya di bawah ini.


1. PELABUHAN TANJUNG PRIOK



Tanjung Priok adalah pelabuhan yang ada di propinsi DKI Jakarta ini pelabuhan tersibuk di Indonesia. tidak hanya untuk mengangkut penumpang, kegiatan di pelabuhan ini pun padat dengan angkutan barang yg masuk dari luar pulau & luar negeri. Awal Mula pembangunan pelabuhan Tanjung Priok diawali kala berjalan pengendapan lumpur di muara Ciliwung kepada pertengahan 1960. hal tersebut jadi masalah bagi banyak kapal buat berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa. Karena keadaan itu Tanjung Priok hasilnya jadi ruang alternatif dikarenakan lokasinya cuma 9 KM dari Sunda Kelapa.

2. PELABUHAN MERAK



Pelabuhan Merak mempunyai letak strategis yaitu menghubungkan Pulau Jawa bersama Pulau Sumatera yg terpisah oleh Selat Sunda. Pelabuhan Merak jadi pintu masuknya dari Propinsi Lampung ke Pulau Sumatera dgn Propinsi Banten, di pulau Jawa maupun sebaliknya. Tiap harinya terdapat beberapa ratus perjalanan Kapal Feri dari Merak ke Bakauheni di Lampung maupun sebaliknya





3. PELABUHAN BAKAUHENI

Pelabuhan Bakauheni jadi pelabuhan utama Karena posisinya yang menghubungkan Sumatera dengan Jawa. Pelabuhan di Kecamatan Bakauheni, Kab Lampung Selatan ini disinggahi beberapa ratus kapal tiap-tiap harinya. Kapal feri yg berlabuh di Bakauheni pada umumnya melayani berbagai jasa terutama jasa penyeberangan angkutan umum dan darat seperti truk-truk, bus penumpang, barang, maupun mobil & motor pribadi.

4.PELABUHAN TANJUNG PERAK



Pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang termasuk ramai karena Tanjung Perak juga memiliki letak yang strategis untuk perdaganga ke Indonesia Timur.. Setiap harinya, pelabuhan yang terletak di Surabaya ini kedatangan ratusan kapal. Pelabuhan Tanjung Perak menghubungkan Surabaya dengan kota-kota pelabuhan lain di Indonesia. Pembangunan Tanjung Perak dimulai pada tahun 1910. 



5.PELABUHAN TANJUNG MAS

Pelabuhan yang ada di Semarang, Jawa Tengah ini mempunyai luas 500 hektare ini mempunyai sekian banyak alat antara lain seperti Alur Pelayaran, Kolam Pelabuhan, Dermaga, Gudang, & Terminal. Di ruang pelabuhan Tanjung Mas terdapat suatu Mercusuar bernama Willem 3. Mercusuar ini dibangun terhadap thn 1884 di wilayah pelabuhan Tanjung Mas oleh Pemerintah Kolonial Belanda dalam rangka menjadikan kota Semarang sbg kota pelabuhan & dagang.






6. PELABUHAN KETAPANG


Pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan khusus untuk kapal Feri di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali ataupun sebaliknya melalui Selat Bali. Setiap harinya ada ratusan feri yang berlabuh di pelabuhan Ketapang. 







7. PELABUHAN HARBOUR BAY



Pelabuhan yang terletak di Batam ini, merupakan jalur pengakutan penumpang baik dalam negeri maupun luar negeri. Dan disini pun bukan hanya kapal cepat atau ferry saja yang berlabuh, kapal pesiar juga mengangkut penumpang dari pelabuhan ini. Tak hanya ramai oleh pengunjung yang datang ataupun pergi dari Batam, pelabuhan ini mempunyai keunikan tersendiri karena pelabuhan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi karena Pemandanganya yang indah. Sayangnya pelabuhan ini hanya untuk penumpang, sedangkan untuk peti kemas ada di pelabuhan Batam Center.




8. PELABUHAN SUNDA KELAPA


Pelabuhan Sunda Kelapa atau sering disebut pasar ikan adalah salah satu pelabuhan dengan sejarah panjang bagi Kota Jakarta. Pasalnya, pelabuhan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Padjajaran atau sekitar abad ke 12. Awalnya, Pelabuhan Sunda Kelapa bernama Pelabuhan Kalapa lalu pada awal tahun 1970 nama Kalapa dirubah menjadi Sunda Kelapa hingga sekarang.  Pelabuhan ini menjadi sebuah pelabuhan penting keluar masuknya barang ke wilayah Jakarta yang saat itu dikuasai oleh kerajaan Padjajaran.