Rekomendasi 10 Film Perang Dunia yang Paling Seru Untuk Ditonton

Perang dunia I dan II tak dapat dipungkiri adalah konflik paling berdarah yang pernah tercatat dalam sejarah manusia, ada banyak aspek yang terlibat didalamnya, mulai dari politik, ekonomi, budaya, konspirasi, propaganda, hingga idealisme dari masing-masing pemimpin besar dikala itu dan sampai saat ini pun masih banyak mister-misteri yang belum terpecahkan dalam peristiwa besar itu. 

Bagi kalian semua para pecinta sejarah, khususnya sejarah Perang Dunia, jika membicarakan perang dunia rasanya tak akan ada habisnya, mulai dari buku, literatur hingga cinemas hollywood pun sudah banyak mengangkat ke layar lebar beberapa kisah dari teater paling berdarah dalam sejarah perkembangan manusia dan dunia.

Berikut ini ada beberapa koleksi film dokumenter yang paling bagus untuk tonton sebagai hiburan, edukasi dan pengetahuan yang menarik tentang kehidupan pada masa Perang Dunia. Cekidot.

1. THE WORLD AT WAR (1973)
 

The World at War merupakan film dokumenter serial televisi Inggris yang ditayangkan pada tahun 1973-1974 yang mengambil background cerita peristiwa Perang Dunia II. Produsernya adalah Jeremy Isaacs dan di narasi oleh Laurence Olivier. Film ini total memiliki 26 episode dan membutuhkan riset selama 4 tahun selama masa pembuatannya.


2. APOCALYPSE - WORLD WAR I (2014)


Apocalypse World War I berisi mengenai beberapa rekaman video asli dari medan perang pada Perang Dunia I yang telah diwarnai ulang, rekaman-rekaman itu banyak mendokumentasikan situasi pertempuran dari berbagai sudut pandang seperti : Jerman-Polandia, Austria-Rusia dan banyak lagi lainnya.


3. APOCALYPSE - THE SECOND WORLD WAR (2009)




Sama seperti seri apocalypse yang sebelumnya tentang Perang Dunia I, The second world war adalah film dokumenter Perancis yang dibuat oleh Daniel Costelle and Isabelle Clarke, memuat tentang rekaman original dari medan perang yang direkam oleh banyak kalangan seperti prajurit, pejuang pemberontakan, gerilyawan dan penduduk sipil. 

Dengan jumlah total 6 episode, film dokumenter ini ditayangkan di Smithsonian Channel di Amerika, yang mana dinarasi oleh aktor Martin Sheen di National Geographic dan Channel 4 di Inggris. Film ini ditayangkan dalam kondisi telah diwarnai.


4. WWII in HD (2009)



WWII in HD adalah film dokumenter mini seri Amerika yang ditayangkan pertama kali pada 15 November 2009 di History Channel. Program ini berfokus pada wawancara dari 12 narasumber yang terlibat langsung pada Perang Dunia II, termasuk perawat militer dan tahanan perang serta imigran Yahudi dari Austria. Berisi juga rekaman asli dari medan perang dikombinasikan dengan cerita dari para narasumber tersebut. 


5. HIROSHIMA (2005)


Dari judulnya mungkin kita sudah mengetahui menceritakan apa film ini. Ini adalah film yg menceritakan tentang kronologis yang terjadi ketika senjata pemusnah massal pertama kali digunakan. Dengan reka ulang kejadian berdasarkan kesaksian para korban selamat dari ledakan bom atom "Little Boy" amerika dan penelusuran para ahli sejarah perang dunia II. 

Dan yangg paling menarik tentunya adalah detik-detik penjatuhan Little Boy di hiroshima, didukung dengan teknik animasi komputer yang sangat baik dikala itu, menciptakan reka ulang yang sangat epik detik terakhir penjatuhan bom little boy yang sekaligus menandai kekalahan jepang pada Perang Dunia II tersebut. Film ini juga memenangkan Emmy dan BAFTA awards pada 2006.


6. WWII'S GREATEST RAIDS



Film dokumenter Perang Dunia II di serial TV dari National Geographic ini menunjukkan kita bagaimana Royal Navy, US Ranger dan SAS mengubah jalan pertempuran, bahkan keseluruhan perang yang di koordinasi negara US.


7. AUSCHWITZ - THE NAZIS & THE FINAL SOLUTION (2005)



Dokumenter ini total memiliki 6 episode, menceritakan tentang kamp kamp tahanan dan pembantaian selama NAZI berkuasa di Jerman, disertai dengan wawancara dari berbagai narasumber seperti : mantan narapidana di kamp tersebut yang selamat dan mantan penjaga kamp. Pertama kali ditayangkan di BBC One pada 11 Januari 2005.


8. THE NAZIS - A WARNING FROM HISTORY (1997)



Film dokumenter serial dari BBC ini memuat tentang kehidupan Adolf Hitler dan partai NAZI nya yang bangkit memegang kekuasaan hingga kejatuhannya dan konsekuensi yang harus mereka hadapi. Film ini juga menampilkan arsip rekaman asli dan wawancara dengan beberapa saksi mata dan ditampilkan dalam 6 episode.


9. WAR OF THE CENTURY - WHEN HITLER FOUGHT STALIN (1999)



Film dokumenter ini berisi tentang Operasi Penyerangan Barbarossa Adolf Hitler yang di lakukan pada masa Perang Dunia terhadap Negara Soviet pada tahun 1941.


10. THIRD REICH : THE RISE & FALL (2010)


Menceritakan tentang masa-masa kedigjayaan Jerman dibawah kepemimpinan Adolf Hitler dan partai NAZI nya. Disertai dengan beberapa film propaganda dari NAZI dan beberapa material lain, juga buku harian Jerman, jurnal dan surat-surat penting sejarah dikala itu. Sebuah potret unik dan otentik dari Reich ke-3 dan rakyatnya.

Demikian lah artikel mengenai 10 Film Perang dunia yang paling menarik di tonton. Semoga bisa menambah referensi perpustakaan kalian semuanya tentang World War. Bravo !